PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI STRATEGI DORAEMON DI TK PIVERI

Ni Wayan Hendrawati, I Wayan Suyanta

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini hendak menggali perilaku sosial anak. Penerapan kelas inklusi dengan strategi doraemon yang dilaksanakan dengan kegiatan maplalianan diharapkan dapat menumbuhkan perilaku sosial anak yang positif seperti rasa empati dan simpati anak terhadap anak berkebutuhan khusus. Kajian ini menggunakan teknik observasi, dan dibedah dengan teori pendidikan inklusi, serta strategi permainan. Penelitian ini menemukan pertama tumbuh rasa kasih sayang pada setiap anak, kedua dapat memupuk rasa kerjasama dalam kegiatan apapun sehingga secara tidak langsung terjadi hubungan timbal balik, anak-anak berkebutuhan khusus menanggapi (merespon) stimulus (rangsangan) yang diberikan oleh temannya. Ketiga timbul rasa toleransi dengan cara saling menghargai, menghormati kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Keempat, timbulnya rasa percaya diri pada anak berkebutuhan khusus karena merasa termotivasi dan merasa dihargai saat ikut dilibatkan dalam kegiatan maplalianan.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini, Perilaku Sosial, Strategi Doraemon, Pendidikan inklusi.

 

Abstract

 

This research intends to explore children's social behavior. The implementation of inclusive classes with the Doraemon strategy implemented with map activities is expected to foster positive children's social behavior such as empathy and sympathy for children with special needs. This study uses observation techniques, and dissected with inclusive education theory, and game strategies. This research found that firstly growing affection for each child, secondly it can foster a sense of cooperation in any activity so that indirectly a reciprocal relationship occurs, children with special needs respond to (respond to) stimuli (stimuli) provided by their friends. Third arises a sense of tolerance by mutual respect, respect for strengths and weaknesses of each. Fourth, the emergence of confidence in children with special needs because they feel motivated and feel valued when involved in map activities.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gunarti, Winda, dkk. 2015. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Penerbit Universitas Terbuka.

Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Hurlock, Elizabeth B. 1995. Perkembangan Anak Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul Asli : Child Development.

Karini, Ni Nyoman. 2018. Upaya Peningkatan Pengelolaan Kecerdasan Emosi Guru dan Siswa Melalui Teknik YMB2 di TK Widya Saraswati. Bali:Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar.

Mulyani, Novi. 2016. DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Yogyakarta: Penerbit Kalimedia.

Sujiono, Bambang, dkk. 2005. Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.

Suyadi dan Maulidya Ulfah, 2015. KONSEP DASAR PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyanta, I Wayan. 2017. Nilai Belajar Yoga dalam Perspektif Pendidikan Nonformal. Malang: Universitas Negeri Malang.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran (Teori dan Konsep Dasar). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Zaman, Badru dan Asep Hery Hernawan. 2014. Media & Sumber Belajar PAUD. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i2.1174

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA