KONSTRUKSI LITERASI BACA TULIS ANAK MELALUI METODE SMART STORY BOOK DI TK NEGERI PEMBINA GIANYAR

Ida Ayu Cintiya Nurina, I Wayan Suyanta

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk membangun agar anak usia dini menjadi cerdas dalam baca tulis. Dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam menyimak, mengungkapkan gagasan, keaksaraan awal anak, serta sebagai fondasi awal menanamkan nilai literasi pada anak usia dini. Kajian ini dibedah dengan konsep perkembangan bahasa anak dan teori literasi. Terdapat metode yang digunakan penerapan media Smart Story Book ini, Guru menyusun rencana harian dengan menggunakan media peraga, pelaksanaan kegiatan, umpan balik, dan mencatat hasil dari pencapaian kegiatan melalui daftar ceklist observasi. Penelitian ini menemukan, pertama bentuk-bentuk bercerita yang menarik, yang digunakan secara bergantian agar anak tidak merasa bosan, menghasilkan keterampilan menyimak maksimal. Kedua bentuk metode bercerita atau digunakan secara kombinasi agar menambah daya tarik cerita dapat menghasilkan perkembangan mengungkapkan (berbicara anak) sangat baik. Ketiga peraga ini menggunakan bahan dengan berbagai warna dan memiliki rangkaian gambar berbagai bentuk dari berbagai teknik lipatan di dalamnya sehingga menjadi alur cerita yang menarik.

 

Kata kunci: Anak Usia Dini, Literasi, Media Smart Story Book, keterampilan menyimak, keterampilan mengungkapkan

 

Abstract

 

This research aims to build so that young children become intelligent in reading and writing. And improve children's language skills in listening, expressing ideas, children's early literacy, and as an initial foundation to instill the value of literacy in early childhood. This study is dissected with the concept of children's language development and literacy theory. There is a method used by the application of the Smart Story Book media, the teacher prepares a daily plan using the media of the demonstration, the implementation of activities, feedback, and records the results of the achievement of activities through an observation checklist. The research found, firstly interesting forms of storytelling, which are used interchangeably so that children do not feel bored, resulting in maximum listening skills. Both forms of storytelling method or used in combination in order to increase the attractiveness of the story can produce the development of expressing (talking to children) very well. These three visuals use materials with various colors and have a series of images of various shapes from various fold techniques in it so that it becomes an interesting storyline.


Kata Kunci


Early Childhood, Literacy, Media Smart Story Book, listening skills, expressing skills

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Wasilah, A Chaedar. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung : PT Kiblat Buku Utama.

L.Hasti Sarahaswati,2013. Metode Bercerita. Bandung. PPPPTK TK dan PLB

Nurbiana Dhieni,dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i2.1173

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA