MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI PENGUATAN SIKAP KETRAMPILAN ANAK USIA DINI BHAKTI PERSADA PADA YAYASAN TRI MURTI DUSUN JAMURAN, SUKODADI, MALANG

Made Dwiana Mustawan

Sari


Abstrak

 

Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar pada anak, dalam pembelajaran pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Dalam pengertian ini, guru, buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Proses pembelajaran terjadi di dalam kelas diakibatkan adanya interkasi dan komunikasi antara guru dengan siswa melalui media pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran pada anak usia dini.

Pada pendidikan anak usia dini, maka media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat dijadikan bahan (software) dan alat (hardware) untuk bermain yang membuat AUD mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan menentukan sikap. Dan, media yang biasa digunakan dalam PAUD adalah alat permainan edukatif (APE). APE terbagi menjadi dua golongan yaitu: (1) APE luar: Alat permainan edukatif yang disediakan di luar ruangan (halaman/ taman); (2) APE dalam: alat permainan edukatif yang disediakan untuk anak bermain di dalam ruangan.

Jenis media yang lazim dipakai di sekolah PAUD Bhakti Persada di bawah Yayasan Tri Murti di Dusun Jamuran dalam kegiatan pembelajaran, di antaranya:

Media visual/media grafis, adalah media yang hanya dapat dilihat. Jenis media visual ini tampaknya yang paling sering digunakan oleh guru pada Lembaga Pendidikan Unak Usia Dini untuk membantu menyampaikan isi dari tema pendidikan yang sedang dipelajari.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran Penguatan Ketrampilan Anak Usia Dini    

 

Abstract

 

Media in the learning process can enhance the learning process in children, in learning in turn it is expected to enhance the learning outcomes achieved. In this sense, teachers, textbooks, and school environments are media. The learning process occurs in the classroom due to the interaction and communication between the teacher and students through learning media. Therefore, the use of instructional media is highly recommended to enhance the quality of learning in early childhood.

In early childhood education, the learning media is everything that can be used as material (software) and tools (hardware) to play which makes the AUD able to obtain knowledge, skills, and determine attitudes. And, the media commonly used in PAUD are educational game tools (APE). APE is divided into two groups, namely: (1) Outside APE: Educational game tools provided outside the room (yard / garden); (2) APE in: educational game tools provided for children playing indoors.

The type of media commonly used in the PAUD Bhakti Persada school under the Tri Murti Foundation in Jamuran Hamlet in learning activities, including:

Visual media / graphic media, are media that can only be seen. This type of visual media seems to be the most frequently used by teachers at the Early Childhood Education Institution to help convey the contents of the educational theme being studied

 

 

Kata Kunci


Keywords: Learning Media Strengthening Early Childhood Skills

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah. 2012. Membangun Masa Depan Aank: Bekal Orang Tuadalam Memandu Anak Meraih Kesuksesan. Solo: Pustaka Arafah.Ajang Yusriana. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-anak. Yogyakarta: DIVA Press.

Afandi. 2014. Manfaat Media Pembelajaran bagi anak PAUD. Jakarta: Grasindo.

Anita Yus. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Media.

Conny Semiawan.2005. Perspektif Pendidikan Anak Bebakat. Jakarta: Grasindo.

Direktorat Pendidikan Anak usia Dini. 2002. Acuan menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Dini Usia (PADU). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Isjoni.2009. Model Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sadiman. 2012. Pemilihan Media Pembalajaran pada Anak Usia Dini (AUD). Jakarta: Penerbit Pustaka Al-Falah.

Yuliani.2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i2.1166

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA