MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN TEKNIK MODELING ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS KARTINI 1 CULIK

I Wayan Redana

Sari


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dengan penerapan teknik modeling pada anak kelompok A Semester I  di TK Tunas Kartini 1 Culik Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 14 anak kelompok A TK Tunas Kartini 1 Culik Tahun Pelajaran 2017/2018. Data tentang keterampilan sosial anak dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik modeling dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A di TK Tunas Kartini 1 Culik Tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari gains skor keterampilan sosial anak sebesar 0,82 yang berada pada kriteria tinggi. Tingginya skor yang diperoleh membuktikan bahwa penerapan teknik modeling dapat meningkatkan keterampilan sosial anak.

 

Kata-kata kunci: anak usia dini, keterampilan sosial, teknik modeling

 

Abstract

 

This study aims to determine the increase in social skills with the application of modeling techniques in group A one Semester children in kindergarten Tunas Kartini 1 Culik in the academic year 2017/2018. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of a phase of action planning, action, observation/evaluation and reflection. The subjects were 14 children in group A  Tunas Kartini 1 Culik in the academic year 2017/2018. Data on the social skills of children collected using observational methods. The results showed that the application of modeling techniques can enhance social skills in kindergarten children in group A Tunas Kartini 1 Culik in the academic year 2017/2018. It can be seen from a child's social skills gains score of 0.82 which are in the high criteria. The high scores obtained prove that the application of modeling techniques can improve the social skills of children.

 

 

Kata Kunci


Keywords: early childhood, modeling, social skills

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adistyasari, R. 2013. Meningkatkan Keterampilan dan Kerja Sama Anak dalam Bermain Angin Puyuh. Skripsi. Tersedia pada https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjHs_qbw63MAhWXjo4KHf8QCYYQFggcMAA&url=http%3A%2F%2Flib.unnes.ac.id%2F18768%2F1%2F1601910003.pdf&usg=AFQjCNFuMW-ySWufzog9jpaZkoxIAH3JIQ&bvm=bv.120551593,d.c2E

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar metodologi penelitian Pendidika. Malang: Aditya Media.

Bandura, A. 1971. Social Learning Theory. New York: General Learning Press.

Gunarsa, S. D. 2004. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Gunarsa, S. D. 2006. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta. BPK Gunung Mulia.

Gunarsa, S. D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hartinah, S. 2008. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.

Hurlock, E. 1978 Perkembangan anak. Edisi ke enam jilid 1. Erlangga.

Komalasari, G., dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Meggitt, C. 2013. Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.

Mulyasa. 2014. Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanta, E. 2005. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Susanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenanda Media.




DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v4i2.1165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA