PEDEKATAN KONTEKTUALDALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEWUJUDKAN PROSES BELAJAR AKTIP, KREATIF DAN MENYENANGKAN

I Ketut Tanu

Sari


Pembelajaran kontekstual bertujuan membantu peserta didik melihat makna dalam bahan pelajaran yang dipelajari dengan cara menghubungkannya pada konteks kehidupan sehari-hari, yaitu dengan konteks lingkungan pribadi, agama, sosial dan budaya. untuk mencapai tujuan tersebut, maka pembelajaran kontektual akan menuntun peserta didik melakukan kegiatan yang bermakna, mengatur cara belajar sendiri, bekerja sama, berpikir kritis dan kreatif.

Untuk menerapkan pembelajaran kontekstual dalam belajar terlebih dahulu harus memahami dasar teori pembelajaran kontekstual, karakteristik pembelajaran kontekstual, dan komponen- komponen apa saja yang terkandung dalam pembelajaran kontekstual. Dengan hal tersebut baru akan dipahami bagaimana cara menerapkan pembelajaran kontekstual dalam belajar agar proses pembelajaran menjadi baik sesuai apa yang ingin dicapai oleh seorang pengajar.

Kata kunci : Pendekatan kontekstual, Belajar .

 

 

Contextual learning aims to help students see meaning in the learning material learned by connecting it to the context of everyday life, namely in the context of personal, religious, socialand cultural environments. to achieve this goal, contextual learning will guide students to carry out meaningful activities, organize their own learning, work together, think critically and creatively.

To apply contextual learning in learning must first understand the basic contextual learning theory, the characteristics of contextual learning, and what components are contained in contextual learning. With this, it will be understood how to apply contextual learning in learning so that the learning process becomes good according to what the teacher wants to achieve.

 

Keywords: contextual approach, learning.


Kata Kunci


contextual approach, learning

Referensi


Andrean, Harepa 2001.Mutiara Pembelajaran.

Jogjakarta.Gloria CyberMinirstrises Andrean, Harepa 2002.Menjadi Manusia

Pembelajaran. Jogjakarta. Gloria CyberMinirstrises

Cahyo. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta : DIVA Press.

Joni T Raka.1980. Setrategi Belajar Mengajar.Jakarta.P3G.

Krisna Pabicara.2007. Rahasa Pembejar Cemerlang.Bandun PT Gagor Kalongbaru

Kaifa. 2004. RevolusiCara Belajar.Bandung,Misan Media Utama

Sabri Sotikno2007.Menggagas Pembelajaran Efektip dan Bermakna.Mataram. NTP Pres

Nurhadi dan Gerrad Senduk Agus, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) Dan Penerapannya Dalam KBK (Malang: Universitas NegeriMalang, 2003), hlm.11

Saekhan Muchth, 2008. Pembelajaran Kontektual. Semarang. Razail Media Grup.

Suryani & Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tanu, I ketut 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran diera Global, Denpasar

.Sarikahyangan.

Tanu, I ketut 2011. Penerapan Teori Dalam Pembelajaran, Denpasar .Sarikahyangan Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas

Pustaka Publisher.

Republik Indonesia, Undang-Undang Sisdiknas (Bandung:Citra Umbara, 2006), hlm. 5

Yamin. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Referensi.

Wina Sanjaya,2002.Pengembangan Model Pembelajaan, JakartaPrana Media

Wina Sanjaya,2006. Setrategi Pembelajaan, JakartaPrana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1071

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA