PERAN KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP KONSEP DIRI

Mutiara Magta

Sari


Konsep diri adalah gambaran seseorang berdasarkan pengetahuan, pengharapan dan penilaiannya tentang dirinya sendiri melalui berbagai pengalaman yang dialaminya. Perkembangan konsep diri yang dipelajari manusia sejak kanak-kanak akan mengantarkannya kepada aktualisasi diri sebagai wujud eksistensi dirinya di kehidupan bermasyarakat. Pengalaman pertama kehidupan anak terjadi di dalam keluarga. Interaksi antar anggota keluarga mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap dirinya dan lingkungan sekitarnya. Bentuk komunikasiyang beragam memberikan kekayaan pengalaman dalam membentuk konsep diri positif atau negative.

 

Kata kunci : konsep diri, komunikasi, keluarga, anak usia dini

 

Abstract.

 

Self-concept is a picture of a person based on his/her knowledge, expectation and judgment about him/herself through the various experiences. The development of self-concept that a person learn from childhood will lead them to self-actualization as a manifestation of their existence in social life. The first experience of a child’s life takes place in the family. Interactions between family members affect the way a person views him and his surroundings. Various forms of communication provide a wealth of experience in shaping positive or negative self-concept

 

Keywords : self concept, communication, family, early childhood


Kata Kunci


self concept, communication, family, early childhood

Referensi


Agustriana, Nesna. 2013. Pengaruh Metode Edutainment dan Konsep Diri Terhadap Ketrampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7 No 2 November: 375-394

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Iyoq, Neri Aprilina. 2017. Efektivitas Komunikasi Orangtua Pada Anak Dalam Membentuk Perilaku Positif (Studi Deskriptif Di Kelurahan Sungai Pinang Dalam Kecamatan Sungai Pinang). eJournal Ilmu Komunikasi Volume 5, Nomor 2: 39 – 50

Kartono. 2018. Mengukur dan Mengembangkan Konsep Diri Anak Menuju Terbentuknya Kepribadian Anak. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 5 No. 2 Juli: 135-146

Killing, Beatrix Novianti &Indra Yohanes Killing.2015. Tinjauan Konsep Diri dan Dimensinya Pada Anak Dalam Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling http:// ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK Volume 1

Nomor 2 Desember : 116-124

Liauwrencia, Prisca Febrian, Denny Putra. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 Tahun Ajaran 2013/2014 di SMA Dharma Putra Tangerang. Jurnal NOETIC Psychology. Vol.4 No.1 edisi Januari-Juni: 62-80

Magta, Mutiara. 2014. Pengembangan Konsep Diri Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Tahun 1 No.2 November: 143-151

Masturah, Alifah Nabilah. 2017. Gambaran Konsep Diri Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Budaya. Indigeneus:Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 2. No. 2: 128-136

Moore.E.H.,Bagin D.,& Gallagher, D.R. 2012. The School and Community Relations. Upper Saddle River: Pearson.

Nurunnisa, Euis Cici. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap PerkembanganAnak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional UPI: 679-686

Su, Qingfu, Tao Li, Tao Yu & Yanan Sun. 2017. The Research on The Relationship Between The Self-Concept and The Personality Traits. Journal of Sport Psychology 2017, Vol 26, Suppl 3: 141-

Sumantri, Bambang. 2011. Hubungan Antara KOnsep Diri Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Ngawi. Media Prestasi Vol. VIII No. 2 Edisi Desember: 131-143

Sutika, I Wayan. 2017. Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pendidikan Karakter Anak Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085- 0018 Oktober : 1-9

Widiarti, Pratiwi Wahyu. 2017. KOnsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi Volume 47. Nomor 1. Juni: 135-148




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA