MENUMBUHKAN KESADARAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI MORALANAK USIA DINI MELALUI PARENTING EDUCATION

Muammar Qadafi

Sari


Parenting education is a very important activity that should be implemented in early childhood education institutions. This activity is an opportunity for teachers to provide enthusiasm and foster awareness of parents to be involved in children’s education. This research is a qualitative research with a case study approach carried out at RA Tiara Chandra Yogyakarta. The purpose of this study is to find out how parenting education was carried out in this school and how was the benefits to the develop parents’ awareness to succeed of the program of developing moral values of children. The results of the study showed that parenting education was carried out routinely in the form of training in living values education and monthly parenting to provide refreshment and evaluate programs that have been implemented. There were three groups of activities that had been carried out, namely education, involvement, and empowerment of parents. Parental involvement in developing children’s moral values had a significant impact on children’s awareness to live up to moral values in their daily life.

 

Keywords: parenting education, moral values, early childhood

 

Abstrak

 

Parenting education merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan di lembagan pendidikan anak usia dini. Kegiatan ini menjadi kesempatan bagi para guru untuk memberikan semangat dan menumbuhkan kesadaran orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studikasus yang dilaksanakan di RATiara Chandra Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana parenting education dilaksanakan di sekolah ini dan sejauh mana manfaatnya terhadap munculnya kesadaran orang tua dalam mensukseskan program penanaman nilai moral pada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting education dilaksanakan secara rutin dalam bentuk pelatihan living values education dan parenting bulanan untuk memberikan penyegaran dan mengevaluasi program- program yang telah didilaksanakan. Terdapat tiga kelompok kegiatan yang telah dilakukan, yaitu


pendidikan, pelibatan, dan pemberdayaan orang tua. Keterlibatan orang tua terhadap penanaman nilai moral anak memberikan dampak yang signifikan terhadap kesadaran anak untuk menghidupkan nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: parenting education, nilai moral, anak usia dini


Kata Kunci


parenting education, moral values, early childhood

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting, terj. Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibung, Dian. 2009. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pembinaan PendidikanAnak Usia Dini

Kementrian Pendidikan Nasional. (2012). Petunjuk Teknis Ujicoba Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting) di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas

Program parenting dilakanakan dalam bentuk . (2011). Petunjuk Teknis

pelatihan LVE minimalsekali dalam setahun dan dilanjutkan dengan parenting bulanan untuk memberikan penyegaran terhadap kegiatan- kegiatan yang telah disepakati.

Program parenting cukup efektif dalam menumbuhkan kesadaran orang tua untuk ikut terlibat dalam pendidikan moral anak. Orang tua yang selalu aktif melaksanakan program- program yang telah disepakati dengan guru merasakan perubahan yang signifikat, baik untuk dirinya, dan juga buah hatinya. Sebaliknya, orang tua yang kurang aktif juga dapat dilihat dari kondisi anak yang tidak banyak mengalami perubahan dalam pengamalan nilai-nilai moral.

DAFTAR PUSTAKA

Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting, terj. Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

OrientasiTeknis Peningkatan Pemahaman Program Penguatan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting). Jakarta: Kemendiknas

Kostelnik, dkk. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media Group

Lickona, Thomas. (2013). Educating for Character, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: BumiAksara.

Mega Silvia Retnaningty dan Pramesti Pradna Paramitha (2015) Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2015

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tillman, Diane. 2004. Living Values: An Educational Program, Living Values Activities for Children Ages 3-7. Jakarta: Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1069

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA