MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PARENTING

I Gusti Lanang Agung Wiranata

Sari


Orangtua yang bijaksana akan memberi pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Kelak setelah dewasa, anak akan menjadi seseorang yang sangat dipengaruhi pola asuh yang diberlakukan oleh orangtuanya. Namun sayangnya masih banyak orang tua yang melakukan kesalahan dalam mendidik anaknya sehingga berdampak buruk bagi anak. Hal inidisebabkan karena kekurangpahaman dan kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua. Sebagai orang tua perlu dimulai kesadaran untuk mewujudkan kemandirian pada anak usia dini. Orang tua juga perlu memberikan kasih sayang yang cukup bagi anak agar anak tidak merasa kesepian. Anak-anak yang dibesarkan dalam limpahan kasih sayang orang tua akan memperlakukan orang lain dengan kasih sayang pula. Setelah dewasa, ia akan belajar mencintai istri, anak, sahabat, dan masyarakatnya. Dengan demikian, orang tua sudah membantu proses anak menjalani tugas perkembangannya sehingga akan terbentuk proses kemandirian dalam diri anak hingga dewasanya. Supaya anak mendapatkan kemandirian tersebut, maka orang tua membutuhkan pengetahuan atau ilmu tentang cara mendidik, mengasuh, dan membimbing anak dengan baik dan benar. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi anaknya adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan parenting sebagai program pembimbing orang tua.

 

Kata Kunci: Program parenting, orang tua, pengasuhan positif, perkembangan anak.

 

ABSTRACT

 

Parents who oppose will provide enormous growth in the growth and development of children. Later, after adults, children become who really like the parenting style imposed by their parents. However, there are still many parents who make mistakes in educating bad facts for children. This is because of the lack of understanding and knowledge possessed. As parents, awareness must be taken to realize independence in early childhood. Parents do not need to provide enough affection for children to be disliked. Children who are raised in an abundance of love for their parents will treat others with affection too. After adulthood, he will learn to love his wife, children, friends and society. Thus, parents must help the child development process so that it will develop of independence


in the child to his adult life. In order to get that independence, parents need knowledge or how to educate, care, and guide children properly and correctly. One of the activities that can be done by parents to stimulate heredity is to take part in various parenting activities as a parent guidance program.

 

Keywords: Parenting program, parents, positive parenting, and child development.


Kata Kunci


Parenting program, parents, positive parenting, and child development

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyati, Tatik. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Parenting di Paud sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Purwokerto: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP. 2016.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyond Centers And Circle Time (BCCT) dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. 2006.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. 2010.

Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.

Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press. 2012.

Helmawati. Mengenal dan Memahami PAUD.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2015.

Latif, Mukhtar, dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana. 2013.

Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2005.

Santoso, Soegeng. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Menurut Pendirinya 2. Jakarta: Universitas Negri Jakarta. 2011.

Soetjiningsih. Tumbuh-Kembang Anak.

Jakarta: IKAPI. 1995.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana. 2016.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. 2011.

Suyadi. Psikologi Belajar: Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia. 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1068

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA