ECO FAMILY : METODE PARENTING ANAK USIA DINI UNTUK MEMBENTUK GENERASI LITERASI LINGKUNGAN

I Komang Wisnu Budi Wijaya

Sari


Menurut ajaran agama Hindu, agar manusia bisa mencapai kebahagaiaan maka salah satu cara yang ditempuh adalah menjaga keharmonisan terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan adalah dua subjek yang saling membutuhkan. Kehidupan manusia bisa berlangsung tergantung pada keadaan tumbuhan dan kelestarian tumbuhan berada di tangan manusia. Namun, faktanya kerusakan lingkungan sudah semakin parah dan ironisnya manusia adalah sebagai aktor utama dari kerusakan lingkungan tersebut. Oleh karena itu perlu pembentukan generasi berliterasi lingkungan untuk menjaga keajagean lingkungan. Pembentukan jiwa literasi lingkungan sebaiknya dimulai sejak anak berusia dini. Peran keluarga untuk membentuk anak berliterasi lingkungan sangatlah besar. Agar proses pembentukan jiwa literasi lingkungan berjalan optimal, maka diperlukan sebuah desain keluarga berwawasan lingkungan yaitu Eco-family. Eco-family adalah sebuah konsep keluarga yang memiliki sikap peduli lingkungan yang diwujudkan dalam tindakan sehari-hari. Penanaman nilai literasi lingkungan terhadap anak usia dini melalui konsep Eco-family diutamakan pada dimensi sikap.

 

Kata kunci : literasi, lingkungan, anak, eco-family

 

Abstract

 

According to Hinduism, humans achieve happiness through several methods, one of them is to maintain the harmonywith environment. Humans and the environment are two subjects who demand each other. Human life depends on the state of plants and the preservation of plants by humans. However, the fact is, decaying of environment is getting worse and, ironically, humans are the main actors of the damage. Therefore, it is necessary to establish a generation with environment literacy to maintain environment stability. The formation of environment literacy spirit should start from early childhood. The role of the family to form children with environment literacy is enormous. In order to build spirit of environment literacy optimally, it is necessary to have a conception of environmental design on family: Eco-family. Eco-family is a family concept that has an environment caring attitude which is manifested in daily actions. Planting the value of environment literacy on early childhood through the concept of Eco-family takes precedence on the dimensions of attitude.

Keywords: literacy, environment, children, eco-family


Kata Kunci


literacy, environment, children, eco-family

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Prasetyo, dkk. 2018. Pendidikan Lingkungan Hidup. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Widowati. 2011. Membentuk Generasi Literasi Lingkungan dengan Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran Sains. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanti,dkk. 2012. Analisis Literasi Lingkungan Hidup Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan Lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau Tahun Akademis 2011/2012. Diakses dari https:/

/repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/.../ ARTIKEL%20FITRI%20YANTI.pdf?

Tanggal 1 April 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1067

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA