PENERAPAN BELAJAR YOGA SEBAGAI PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI GURU DAN MURID

Ida Ayu Komang Werdi Purniasih, I Wayan Suyanta

Sari


Penelitian ini memfokuskan kajian pada penerapan pembelajaran yoga yang dilaksanakan oleh para guru dan siswa. Keseharian dilakukan dengan meditasi dan yoga asana sebelum memulai pembelajaran. Kajian pustaka terkait dengan kecerdasan emosional anak usia dini dan yoga sutra patanjali. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis observasi, pre test dan post test. Melibatkan peserta didik dan guru dari TK Madhu Vidya yang berjumlah 57 anak dan 3 orang guru. Penelitian ini menunjukkan adanya (1) mengenal bentuk bentuk emosi diri sendiri, (2) meningkatkan kemampuan guru dan peserta didik dalam mengelola emosi dalam diri, (3) membina hubungan dan berkomunikasi dengan orang lain.

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kecerdasan Emosional, Yoga

This research focuses on the study of the application of yoga learning carried out by teachers and students. Their life is done by meditation and yoga asana before starting learning. The literature review is related to emotional intelligence of early childhood and Yoga Sutra Patanjali. The method in this study used observation analysis, pre test and post test. Involving students and teachers from Madhu Vidya Kindergarten, totaling 57 children and 3 teachers. This study shows that there is (1) recognizing the formof self-emotion, (2) increasing the ability of teachers and students in managing emotions in themselves, (3) building relationships and communicating with others.

Keywords: Early Childhood, Emotional Intelligence, Yoga


Kata Kunci


Early Childhood, Emotional Intelligence, Yoga

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Dahlan, Djawad. 2000. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja, Penerbit Rosda Karya.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligent.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel 1999. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hildayani, Rini, Dkk. 2011. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mariyana, Rita;Ali Nugraha; Yeni Rachmawati. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugraha, Ali dan Rahmawati. 1998. Terapi Musik Sebagai Bimbingan Konseling dalam Mereduksi Stress Anak Sekolah Dasar. Skripsi. Bandung: IKIP Bandung.

Sindhu, Pujiatuti. 2013. Panduan Lengkap Yoga: Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. Bandung. PT. Mizan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/pw.v4i1.1065

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Terindek oleh:

    

     

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini site and its metadata are licensed under CC BY-SA