RESPON MASYARAKAT TERHADAP REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG SEMEN SEBAGAI EKOWISATA DI DAERAH SALE KABUPATEN REMBANG

Sudarti ., Siti Hindun Hindiyati

Sari


Pertambangan merupakan salah satu aktifitas yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya pertambangan, masyarakat dapat menyambung hidup dengan bekerja sebagai bagian dari perusahaan, dan disisi lain pertambangan juga memiliki dampak negative yang mana dapat menghilangkan keseimbangan ekosistem dengan adanya pengerukan lahan secara besar-besaran. Teori yang digunakan adalah teori respon, yang merupakan tanggapan, reaksi dan jawaban. Respon yang diambil adalah dari masyarakat sekitar di daerah Sale Kabupaten Rembang, dan respon perusahaan. Respon perusahaan ada beberapa yang berbanding terbalik dengan respon masyarakat mengenai adanya reklamasi. Harapan masyarakat dengan adanya pertambangan, pada akhirnya bila sudah tidak digunakan harus dilakukan pengembalian lahan atau reklamasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskiriptif kuantitatif dengan penarikan sampel menggunakan responden, yang mana 60 jiwa masyarakat Sale digunakan sebagai responden penelitian. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh masyarakat bersedia mengelola lahan bekas tambang yang sudah tidak digunakan akan diserahkan kepada masyarakat dan dilakukan reklamasi skala mikro sebagai ekowisata. Dengan catatan, setidaknya perusahaan harus memberikan sedikit biaya operasional dan ganti rugi lahan masyarakat.

Kata Kunci


Pariwisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Adi, A.N.I.Y.W,Widodo.S, Nurwaskito,A. 2017.Analisis Reklamasi Tambang Batukapir di Kecamatan Bunhoro Kabupaten Tangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Geomine. 5 (2), 68-75.

Afifah, N.W. 2018. Dampak Negatif Industri PT. Semen Indonesia Terhadap Masyarakat Desa Temandang. Jurnal Paradigma. 2 (1), 1-7.

Afrizal, R. Nusanto, G. Tommy, M. 2018. Rencana Teknik Reklamasi Pada Lahan Bekas Tambang Block VI PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban Jawa Timur. Jurnal Teknik Pertambangan UPN Veteran. 2341-5662, 1-10.

Alkad,E. Kasim, T, Yunasril. 2017. Perencanaan Dan Biaya Reklamasi Lahan Bekas Tambang Area Tambang Batubara PT. Baturona Adimulya Desa Supat Barat Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Bina Tambang. 3 (3) ,1262-1273.

Fauzi, H. 2016. Perencanaan Pembangunan Hutan Pada Lahan Bekas Tambng Batubara Berbasis Strategi Kehutanan Sosial. Jurnal Hutan Tropis Borneo. 8 (20), 33-45.

Hirfan, 2016. Strategi Reklamasi Lahan Pasca Tambang. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik. 1 (1), 101-108.

Iskandar, Suwardi, Suryaningtyas, D.T. 2018. Reklamasi Lahan-Lahan Bekas Tambang: Beberapa Permaslahan Terkait Sifat-Sifat Tanah dan Solusinya, 1-8.

Kusumawati,H. 2020. Pabrik Semen Indonesia Tuban 1994-2013. E-Journal Pendidikan Sejarah. 8 (1) , 1-9.

Pudjiharta,A. Santoso, E. 2007. Reklamasi Laham Terdegradasi Dengan Revegetasi Pada Bekas Tambang Bahan Baku Semen. Jurnal Pendidikan Hutan dan Konservasi Alam. 4 (3), 223-236.

Santosa,S. Umar,R.W, Bakri,R.M. 2020. Karakteristik Kimia-Fisika Tanah Bekas Tambang Semen Yang Ditambahn Sekam Padi Atau Serbuk Gergaji dan Pertumbuhan Woedyetia bifurcate A.K Irvine. Serambi Engineering. 5 (4), 1338-1344.

Setiawam, I,B. Bahri, S. 2017. Respon Masyarakat Terhadap Pembangunan Jalan Kereta Api Di Desa Bagan Sinembah Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. JOM FISIP. 4 (2), 1-15

Sinting,M. 2017. Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang Untuk Tempat Rekreaso Dengan Reklamasi Di Sungai Bingai Kecamatan Binjai Selatan Kodya Binjai. Jurnal Geografi. 3 (2), 11-17.

Sururi, A. 2018. Inovasi Kebijakan Partisipasi Publik Dalam Pengelolaan Dan Pengembangan Pariwisata (Studi Pada Kawasan Ekowisata Situterate Desa Situterate Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). Jurnal Administrative Reform. 6 (3), 110-120.

Utami,H. 2017. Pengembangan Potensi Ekowisata Desa Malasari, Kecanatan Nanggung Kabupaten Bogor. Journal Of Tourism Destination and Attraction. 5 (1), 3-9.

Wasis,B. Sa’diah,H,S. 2019. Pertumbuhan Semai Sengon (Paraserianthes falcataria (L.) Nielsem) Pada Media Tanah Bekas Tambang Kapur Dengan Penambahan Pupuk Kompos Dan NPK. Jurnal Silvikultur Tropika. 9 (1), 51-57.

BIODATA PENULIS

Siti Hindun Hindiyati, Saya merupakan salah satu mahasiswa angkatan 2019 jurusan Pendidikan Fisika Universitas Jember. Dengan dosen pembimbing saya Dr. Sudarti, Mkes. salah satu dosen di Pendidikan Fisika Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.25078/pba.v6i1.1943

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

 

 

View My Stats