PENGEMBANGAN KETERAMPILAN HIDUP DAN KARIR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU LULUSAN SEKOLAH DASAR

I Komang Wisnu Budi Wijaya, Ni Wayan Sri Darmayanti, Ni Made Muliani

Sari


Abad ke-21 disebut sebagai abad pengetahuan karena pada abad tersebut pengetahuan memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Berbagai keterampilan harus dimiliki oleh individu untuk beradaptasi di abad ke-21. Salah satu keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan hidup dan karir. Keterampilan hidup dan karir terdiri dari lima aspek yaitu adaptabilitas dan fleksibilitas ; inisiatif dan pengaturan diri ; interaksi sosial dan budaya ; produktivitas dan akuntabilitas serta kepemimpinan dan tanggung jawab. Pengembangan keterampilan hidup dan karir sudah dilakukan sejak individu berada di bangku sekolah dasar. Hal itu dikarenakan pada usia sekolah dasar, anak sedang mengalami perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor yang pesat. Pengembangan keterampilan hidup dan karir dilakukan di tiga pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Selain itu, pengembangan keterampilan hidup dan karir dilakukan dengan mengacu pada masing-masing aspek keterampilan serta karaktersitik dari setiap pusat pendidikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfin, J. (2015). Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Surabaya.

Budiman, D. (2017). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Fadel, C. (2009). 21st Century Skills Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50.

Murti, K. E. (2015). Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran di SMK.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sugiyanto. (2015). Karakteristik Anak Usia SD. Yogyakarta.

Wijaya. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (Sd) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.

Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Malang.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. Sintang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v6i2.1384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Jurnal Penjaminan Mutu Terindeks Oleh :

     

 

 Jurnal Penjaminan Mutu berada dibawah lisensi CC BY-SA

shopify analyticsView My Stats