e-journal Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar


Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar berdiri pada tanggal 8 Nopember 2004 berdasarkan Peraturan Presiden No.1 Tahun 2004 tentang perubahan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Denpasar menjadi Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar memiliki visi terdepan dalam dharma, widya, dan budaya, serta mempunyai misi menghasilkan sarjana yang sujana.

Rumah Terbitan Ilmiah Berkala Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar ini didedikasikan sebagai media penyebaran dharma, widya, dan budaya, sehingga diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat.

 

Logo Header Halaman

JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama)

JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama) merupakan jurnal ilmiah yang memiliki misi memperluas kajian bidang pendidikan agama sebagai referensi dalam mewujudkan pendidikan agama yang moderat. Penguatan pendidikan agama penting untuk dioptimalkan, tidak hanya di lingkungan keluarga maupun pendidikan formal saja, tetapi juga melalui kajian-kajian ilmiah hasil penelitian maupun hasil pemikiran yang mengacu pada kaidah-kaidah ilmiah. Tujuannya adalah untuk menjadikan pendidikan agama sebagai landasan dalam mewujudkan masyarakat religius, bermartabat, cerdas, humanis dan berwawasan multukultural.

ISSN (Online): 2809-3534

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah

Dharma Sastra merupakan jurnal ilmiah nasional yang memuat tentang hasil penelitian bahasa dan sastra daerah. Jurnal ini mencakup kaidah kebahasaan sekaligus didedikasikan untuk pelestarian bahasa daerah nusantara. Upaya ini sangat penting sebagai edukasi keanekaragaman bahasa daerah termasuk pengetahuan nilai-nilai yang terkandung dalam ragam sastra daerah nusantara. Dharma Sastra diterbitkan dua kali dalam setahun oleh Prodi Magister Pendidikan Bahasa Bali Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

ISSN (Online): 2809-4220

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies

Vidyottama Sanatana International Journal of Hindu Science and Religious Studies (pISSN: 2550-0643 and eISSN: 2550-0651) is a  Journal that aims to realize a more concrete and convincing typology and Hindu Knowledge epistemology to the world’s scientist, Denpasar State Hindu Dharma Institute as one of the institutions of scientific education, is responsible for exposing all the wealth of Hindu knowledge that seems to be buried in the bottom of the ocean. Exploration and socialization of Hindu knowledge is expected to contribute on the realization of the safe, harmonious, peaceful and prosperous world community, so that happiness is not only a fantasy in heaven, but become real in the world.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Jurnal Penjaminan Mutu

Jurnal Penjaminan Mutu dengan ISSN cetak 2407-912X (SK no. 0005.122 /JI.3.2./SK.ISSN/ 2015.01 - 30 Januari 2015, mulai edisi Vol. 1, No. 1, Februari 2015) dan ISSN online 2548-3110 (SK no. 0005.25483110 /JI.3.1/SK.ISSN/ 2016.11 - 29 November 2016, mulai edisi Vol. 3, No. 1, Februari 2017) yang diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar mulai tahun 2015 ini didedikasikan sebagai penyebaran ide, gagasan, maupun masukan yang positif terkait peningkatan kualitas pendidikan tinggi, karena proses penjaminan mutu dalam sebuah perguruan tinggi bukan hanya aktivitas untuk memastikan bahwa yang dijanjikan dapat terpenuhi melainkan juga meliputi usaha peningkatan mutu secara berkelanjutan, baik melalui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi internal, evaluasi diri, audit, dan benchmarking maupun penyebaran gagasan melalui tulisan ilmiah.

Jurnal Penjaminan Mutu saat ini telah TERAKREDITASI oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta terindeks oleh DOAJ, Moraref, CrossRef, Google Scholar, Sinta, Microsoft Academic, One Search dan lain sebagainya.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

GUNA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN HINDU

Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu dengan ISSN online 2655-0156 (SK no. 0005.26550156/JI.3.1/SK.ISSN/2018.12 - 5 Desember 2018 (mulai edisi Vol. 6, No. 1, Maret 2019), diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Agama Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar mulai tahun 2014, didedikasikan sebagai publikasi ide, gagasan, hasil penelitian terkait pendidikan agama Hindu. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu terbit 2 kali dalam setahun, terindeks oleh CrossRefGoogle Scholar, dan Garuda.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra

Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra dengan ISSN Cetak 1979-634X (SK no. 0005.55/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.09 - 26 September 2008 (mulai edisi 26 September 2008)) dan ISSN Online 2686-0252 (SK no. 0005.26860252/JI.3.1/SK.ISSN/2019.08 - 29 Agustus 2019 (mulai edisi Vol. 9, No. 2, September 2019)) yang diterbitkan oleh Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar memiliki misi menghidupkan dan mengoptimalkan kesadaran keindahan ilmu pengetahuan yang ada dalam diri setiap orang. Maka dengan kesadaran tersebut akan membuat setiap insan tergerak untuk terus menimba, menambah dan memperdalam pengetahuan demi kemajuan dan peningkatan kualitas SDM kampus. Keindahan ilmu pengetahuan akan membuka sisi estetika dan kelembutan menuju manusia yang ramah, rendah hati, jujur dan terbuka.

 

Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra terindeks oleh Google Scholar, Garuda, Dimensions

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar

Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar memiiliki ISSN cetak dan ISSN online yang ditetapkan oleh LIPI. ISSN online 2685-8312  ditetapkan dengan SK No. 0005.26858312/JI.3.1/SK.ISSN/2019.08, dan ISSN Cetak 2527-5445 ditetapkan dengan SK No. : 0005.25275445/JI.3.1/SK.ISSN/2016.05.

Adi Widya merupakan Jurnal Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Hindu pada Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar yang bekerja sama dengan Perkumpulan Dosen dan Pendidik Karakter Seluruh Indonesia (ADDIKSI), diterbitkan oleh Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar  .

Adi Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang  berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. 

 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

INFORMASI PENTING:
JURNAL PRATAMA WIDYA: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Telah bermigrasi ke OJS 3 dengan link : (untuk submit silahkan klik link) http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/index

PENERBIT: UNIVERSITAS HINDU NEGERI I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR

Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini memiiliki ISSN cetak dan ISSN online yang ditetapkan oleh LIPI. ISSN online 26158396  ditetapkan dengan SK No. 0005.26158396/JI.3.1/SK.ISSN/2018.03, dan ISSN Cetak 2528-4037 dengan SK No. 0005.25284037/JI.3.1/SK.ISSN/2016.08

Pratama Widya merupakan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini yang dikelola oleh Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini pada Fakultas Dharma Acarya  dan diterbitkan oleh Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  .

Pratama Widya merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang  berkaitan dengan topik Pendidikan Dasar, seperti pendekatan, metode, model, strategi ataupun kebijakan-kebijakan pada pendidikan dasar. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan Oktober. 

 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Yavana Bhasha : Journal of English Language Education

Yavana Bhasha: Journal of English Language Education bertujuan untuk menjadi jurnal ilmiah dan penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Inggris dengan cakupan pengajaran bahasa Inggris yang mencakup bidang pendidikan bahasa, linguistik, terjemahan, dan sastra. Jurnal ini diterbitkan pada bulan Maret dan Agustus. p-ISSN: 26204983 e-ISSN: 26857545 Penerbit: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Sang Acharya : Jurnal Profesi Guru

Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru merupakan jurnal yang diterbitkan secara online dengan nomor e-issn 2722-8614, wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik profesi keguruan, yang meliputi pengembangan kompetensi pedagogie, profesional, sosial maupun kepribadian. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada Bulan April dan Oktober. 

 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

PARIWISATA BUDAYA: JURNAL ILMIAH AGAMA DAN BUDAYA

Jurnal Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel ilmiah tentang objek materi pariwisata pada ranah agama dan budaya. Objek materi ini muncul menjadi kecenderungan-kecenderungan pariwisata agama, yang dalam intern umat Hindu disebut dengan Tirtayatra. Pariwisata agama ini pada era modern meluas dengan diikuti umat-umat non-agama, yang kemudian disebut dengan sekular pilgrimage, atau perjalanan suci sekuler.

Tujuan pariwisata agama ini adalah tempat-tempat suci agama, yang terdiri dari situs alam, budaya dan buatan manusia. Karena itu, pengelolaan situs-situs tersebut juga menjadi bahasan-bahasan pada artikel pada jurnal ini. Dengan demikian, jurnal ilmiah ini memuat artikel-artikel yang berhubungan dengan pariwisata agama, pariwisata budaya, dan pengaruh-pengaruh pariwisata terhadap agama dan budaya.

Jurnal ilmiah ini terbit pertamakali pada Maret 2016, yang pada awalnya dengan ISSN cetak 2527-9734. Pada tahun 2017, jurnal ini telah memiliki ISSN online 2614-5340. Sampai tahun ini, jurnal ini terbit dalam dua versi yaitu versi cetak dan online. Pada 12 Nopember 2019 telah terakreditasi Sinta 5 sesuai keputusan Dirjen Penguatan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 30/E/KPT/2019

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Vidya Samhita Jurnal Penelitian Agama

VIDYA SAMHITA : Jurnal Penelitian Agama

VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama dengan ISSN cetak 2460-3376 dan ISSN online 2460-4445 merupakan Media Ilmiah Nasional yang digunakan sebagai wahana untuk mengekspresikan berbagai hasil penelitian ilmiah bidang Agama dan Budaya. Vidya Samhita dikelola dan diterbitkan oleh Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

PANGKAJA: JURNAL AGAMA HINDU

Pangkaja: Jurnal Agama Hindu dengan No ISSN 1412-7474 dan e-ISSN 2623-2510  yang dikeluarkan oleh LIPI dikelola oleh Program Studi Magister Brahma Widya Pascasarjana  Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar  dan diterbitkan oleh  Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar 

Jurnal Pangkaja adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan berbagai masalah Agama, Sosial dan Budaya Hindu yang semakin kompleks dewasa ini seiring perkembangan globalisasi.
Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yakni pada bulan Maret dan September.
Fokus Jurnal Pangkaja : Agama Hindu, Sosial dan Budaya Hindu

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Brahma Widya

Brahma Widya adalah jurnal Fakultas Brahma Widya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

cover Vyavahara Duta

VYAVAHARA DUTA

Vyavahara Duta Merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Hukum. P-ISSN: 1978-0982, E-ISSN: 2614-5162. Penerbit Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Hukum ”Vyavahara Duta” adalah Jurusan Hukum Agama Fakultas Dharma Duta Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Jurnal ini ditujukan untuk berbagai kalangan baik akademisi maupun praktisi khususnya di bidang ilmu hukum yang secara khusus dapat digunakan sebagai sarana untuk peningkatan tenaga pendidik yang professional dalam bidang pendidikan hukum. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan peningkatan sumber daya manusia dalam bidang hukum yang bermanfaat bagi lembaga dan masyarakat.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

cover

Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Sphatika: Jurnal Teologi

Sphatika: Jurnal Teologi (ISSN Online 2722-8576 dan ISSN Cetak 1978-7014) diterbitkan oleh Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dan dikelola oleh Program Studi Teologi Hindu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar adalah jurnal ilmiah  bertujuan untuk mewujudkan tipologi dan pengetahuan Hindu yang lebih konkret dan meyakinkan untuk ilmuwan dunia. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar sebagai salah satu lembaga pendidikan ilmiah, bertanggung jawab untuk mengungkap semua khazanah pengetahuan Hindu, mengeksplorasikan, dan mensosialisasikan pengetahuan Hindu sehingga dapat berkontribusi terhadap kemajuan sumber daya Hindu

Sphatika: Jurnal Teologi, berfokus pada bidang Teologi, Studi Agama, dan Budaya sebagai berikut: 1) Teologi, 2) Sastra Agama, 3) Filsafat Agama. 4) Ilmu Agama, dan 5) Budaya.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Sanjiwani: Jurnal Filsafat

Nama JurnalSanjiwani: Jurnal Filsafat
Frekuensi2 issues per tahun (Maret dan September)
DOIprefix 10.25078 by 
ISSN1978-7006 (P-ISSN); 2722-9459 (E-ISSN)
OAIhttps://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/Sanjiwani/oai
Editor-in-Chief Ni Luh Gede Wariati, M.Fil.H.
 Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar
 Google Scholar
IndexingGoogle Scholar, Garuda, CrossRef, ROAD, Moraref, WorldCat, OneSearch
PenerbitInstitut Hindu Dharma Negeri Denpasar
Kontakjurnalsanjiwanifbw@gmail.com
Deskripsi

Sanjiwani: Jurnal Filsafat hadir untuk memberi ruang dan gerak bagi para penulis yang ingin mengembangkan dan menyebarkan nilai-nilai filsafat Hindu. Implementasi ajaran filsafat ini hampir setiap saat dijumpai dalam setiap aspek kehidupan umat beragama. Sanjiwani sebagai Jurnal Filsafat berusaha melakukan pencerahan melalui kontemplasi hakikat berbagai macam pengetahuan keagamaan.

Fokus Sanjiwani: Jurnal Filsafat, yaitu: Kajian Filsafat, Ilmu Agama, dan Budaya.

 

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

JURNAL YOGA DAN KESEHATAN

Jurnal Yoga dan Kesehatan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Yoga dan Kesehatan Fakultas Brahma Widya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar dengan P-ISSN: 2621-0185 (SK No. 0005. 26210185/Jl.3.1/SK.ISSN/2018.05) dan E-ISSN: 2722-9440 (SK No. 0005.27229440/Jl.3.1/SK.ISSN/2020.07).

Jurnal Yoga dan Kesehatan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Jurusan Yoga dan Kesehatan, Fakultas Brahma Widya, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Jurnal ini memuat tulisan yang isinya tidak hanya penting bagi kalangan akademis di lingkungan kampus Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, tetapi juga bagi masyarakat luas, dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang ilmu agama. Jurnal ini bisa dijadikan referensi, dokumentasi atau kajian ilmiah dalam menganalisis/menulis ilmiah dan memecahkan berbagai masalah Yoga dan Kesehatan yang semakin kompleks dewasa ini seirama dengan perkembangan globalisasi.

Kajian Yoga dan Kesehatan [Arsip Jurnal Lengkap]

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar

Logo Header Halaman

Anubhava: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu

ANUBHAWA: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu adalah
Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi yang dikelola oleh Program Studi Magister (S2) Ilmu Komunikasi Hindu Program Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Jurnal ini membuat artikel-artikel hasil penelitian dalam bidang Ilmu Komunikasi Hindu dalam relasinya dengan berbagai realitas keagamaan dan kebudayaan. Memuat juga berbagai kajian-kajian multi disipliner ataupun lintas kajian yang bersifat problem solving terkait komunikasi, agama dan spiritualitas.

Lihat Jurnal | Terbitan Terkini | Daftar