IMPLEMENTASI AJARAN ATHARVAVEDA DALAM PEMENTASAN DRAMATARI CALONARANG DI PURA DALEM GEDE DESA SUKAWATI KECAMATAN SUKAWATI (Perspektif Pendidikan Agama Hindu)

I Wayan Darmajaya

Abstract


DramatariCalonarangtelah menjadikelengkapan dalam upacarapiodalandiPura Dalem Gede Desa Sukawati yang jatuh pada Anggara Kliwon Wuku Tambir, pementasan ini diselenggarakan setiap tahun yaitu pada piodalannadi. Dramatari Calonarang dipentaskan ketika upacara panyimpenan Piodalan yaitu pada Rahina Sukra Pon Wuku Tambir. Dalam pementasannya mengandung berbagai ajaran dari kitab suci Weda, yang salah satunya adalah Atharvaveda yang merupakan bagian dari Weda Sruti pada bagian Mantra.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi masalah di dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Bagaimanakah implementasi ajaran Atharvaveda dalam pementasan dramatari Calonarang di Pura Dalem Gede Desa Sukawati Kecamatan Sukawati ? 2) Apakah fungsi pementasan dramatari Calonarang di Pura Dalem Gede Desa Sukawati Kecamatan Sukawati ? 3)Nilai-nilai pendidikan apakah yang terkandung dalam pementasan dramatari Calonarang di Pura Dalem Gede Desa Sukawati Kecamatan Sukawati?

Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Deskritif. Dalam penelitian ini menggunakan teoriReligi, TeoriFungsi, sertaTeoriNilai. Metodepengumpulan data yang digunakanadalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi

Berdasarkan data yang diperoleh maka hasil penelitian dapa disimpulkan sebagai berikut: 1) Impementasi ajaran Atharvaveda dapat dilihat dari Yadnya yang dilakukan dari tahap awal hingga akhir pementasan, serta didalam penokohan yang ditonjolkan dalam pementasan dramatari Calonarang. 2) Dramatari Calonarang merupakan ungkapan rasa Bhakti Masyarakat Desa Sukawati terhadap Ida Ratu Ayu yang merupakan Sungsungan yang berstana di Pura Dalem, menjadi ruang untuk memupuk solidaritas dikalangan masyarakat Desa Sukawati serta melestarikan budya yang telah diwariskan oleh leluhur terdahulu. 3) Pementasan dramatari Calonarang mengandung berbagai nilai pendidikan diantaranya adalah nilai etika, nilai magis, serta nilai estetika yang terkandung didalamnya.


Full Text:

PDF

References


Ayuni, Ni Made Wangi Ari. 2014. Pementasan Drama Tari Calonarang Dalam Upacara Nyambutin Di DesaPakramanPenarukanKecamatanKrambitanKabupatenTabanan (KajianBentuk, Fungsi, Makna). Skripsi IHDN Denpasar.

Bhasya Of Sayanacarya. 2015. Atharvaveda Samhita I. Denpasar: Paramita

___________________,2015. Atharvaveda Samhita II. Denpasar: Paramita

___________________,2015. Atharvaveda Samhita III. Denpasar: Paramita

Erawati, Ni Made, 2015. Karakter Tokoh Matah Gede Dalam Dramatari Calonarang Gases Bali. Tesisi ISI Denpasar

Subagia, Made. 2011. Menyingkap Tabir Leak. Denpasar: Pt Pustaka Manik Geni

Sudarsana, I. K. (2016, April). Meningkatkan Perilaku Kewirausahaan Wanita Hindu melalui Pemberian Pelatihan Upakara. In Seminar Nasional (No. ISBN : 978-602-72630-5-5, pp. 79-85). Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IHDN Denpasar.

Sudarsana, I. K. (2015, September). Inovasi Pembelajaran Agama Hindu di Sekolah Berbasis Multikulturalisme. In Seminar Nasional (No. ISBN : 978-602-71567-3-9, pp. 94-101). Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar.

Sudarsana, I. K. (2015, June). Pentingnya Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter bagi Remaja Putus Sekolah. In Seminar Nasional (No. ISBN : 978-602-71567-1-5, pp. 343-349). Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar.

Suastika, I Made. 1995. CalonArangDalamTradisi Bali: SuntinganTeks,Terjemahan, Dan Analisis Proses Pem-Bali-An.Universitas Gajah Mada Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

web
counter