KAJIAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DALAM TRADISI NGAYAH DI TENGAH AKSI DAN INTERAKSI UMAT HINDU DI DESA ADAT ANGGUNGAN KELURAHAN LUKLUK KECAMATAN MENGWI KABUPATEN BADUNG

I Gusti Ayu Sri Utami

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan : (1) Eksistensi dan implementasi tradisi ngayah di kalangan umat Hindu di Desa Adat Anggungan, Kelurahan Lukluk, Mengwi, Badung yakni pada masa agraris keberadaan tradisi ngayah di Desa Adat Anggungan berjalan dengan sangat baik, namun ketika dunia modern datang, budaya agraris mulai diganti budaya industri, aturan adat jadi masalah. Persoalan ngayah disikapi oleh Prajuru Desa dengan menerapkan denda atau sanksi bagi masyarakat yang tidak ikut ngayah. Adapun implementasi tradisi ngayah yang dilaksanakan masyarakat Desa Adat Anggungan diwujudkan dalam tiga aktivitas ngayah yaitu: implementasi ngayah pada struktur sosial, implementasi ngayah pada Pemangku dan implementasi ngayah pada Krama Desa, (2) Aksi dan interaksi umat Hindudalamtradisi ngayah di Desa Adat Anggungan, Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung ditunjukkan dengan aksi dan interaksi masyarakat dalam tradisi ngayah pada kegiatan social, (3) Makna Pendidikan Agama Hindu yang terkandung dalam tradisi ngayah di tengah aksi dan interaksi umat Hindu di Desa Adat Anggungan adalah : 1) Makna pembelajaran agama 2) Makna Implementasi Tri Kaya Parisudha, 3) Makna peningkatan integrasi sosial agama, 4) Makna pelestarian budaya, 5) Makna Perilaku etis.


Full Text:

PDF

References


Janardana. 2014. Revitalisasi Kearifan Lokal Hindu Aluk Todolo Terhadap Tri Kerangka Dasar Agama Hindu Di Desa Sasakan Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat. Denpasar : IHDN

Lilik, 2002. Peranan Upacara Bersih Desa Dalam Meningkatkan Srada dan Bhakti Umat Hindu Desa Blau Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Purwadi, 2006. Tradisi Sayan dan Transformasi Perilaku Modern Terhadap Pendidikan Anak. Denpasar: Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Puspo Renanjoyo. 2004. Upacara Sedekah Bumi sebagai Media Kerukunan Antar Umat Beragama Di Desa Plajan Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Propinsi Jawa Tengah. Denpasar : IHDN.

Sudarsana, I. K. (2016). PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING: POLICIES, PRACTICES, AND PROGRAMS (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, (2016), 44-53.

Sudarsana, I. K. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Penjaminan Mutu, (Volume 1 Nomor 1 Pebruari 2015), 1-14.

Sudarsana, I. K. (2017). Interpretation Meaning of Ngaben for Krama Dadia Arya Kubontubuh Tirtha Sari Ulakan Village Karangasem District (Hindu Religious Education Perspective). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 1-13.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Yasa, I Made Warta. 2015. Tradisi Ngayah sebagai Penerapan Ajaran Karma Yoga di Desa Pakraman Juwuklegi, Batunya, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Kajian Pendidikan Agama Hindu. Denpasar : IHDN Denpasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu site and its metadata are licensed under CC BY-SA

web
counter