NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA BANTEN PEMAHAYU ANGGA SARIRA DI DESA MENDOYO DANGIN TUKAD KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA

Ni Made Indra Wahyuni

Abstract


Agama Hindu memiliki suatu keyakinan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang bersumber pada Weda, dimana memiliki tiga aspek: Tattwa, Etika dan Upacara, sebuah upacara dalam suatu kegiatan keagamaan pada hakekatnya diwujudkan dalam bentuk yajna. Dilihat dari latar belakang masalah tersebut Nilai-Nilai Pendidikan Agama Hindu pada Banten Pemahayu Angga Sarira di Desa Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, memiliki keunikan tersendiri dan sangat menarik untuk diteliti sebagai karya tulis dan karya ilmiah yang bersifat spesifik. Hasil dari penelitian yang didapatkan sebagai berikut fungsi dari Banten Pemahayu Angga Sarira yaitu melepaskan sifat kebutaan dalam angga sarira, karena setiap kali seseorang sakit maupun melakukan khilafan terdapat sifat bhuta yang mendominasi manusia, dengan Banten ini sifat bhuta yang ada dalam diri manusia bisa di Sunia kembali menjadi Dewa. Nilai pendidikan Agama Hindu pada bantenpemahayu angga sarira adalah nilai tattwa terlihat pada pemahaman masyarakat terhadap fungsi dari pemahayu angga sarira tersebut sebagai persembahan suci secara tulus ikhlas, nilai etika terlihat pada proses pembuatan pemahayu angga sarira, nilai ritual upacara adalah sebagai wujud nyata dari umat Hindu dalam penyampaian rasa sujud bakti kehadapan  Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar diberikan keselamatan

Full Text:

PDF

References


Abraham, M.Maslow. 1993. Motivasi dan Kepribadian 1. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ananda kusuma, Sri Rshi. 1986. Kamus Bahasa Bali. Bali-Indonesia, Indonesia-Bali. Denpasar: CV Kayumas.

Ghazali, Adeng Muchtar. 2011. Antropologi Agama. Bandung: Alfabeta.

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat: Paradigma Bagi Pengembangan Penelitian Interdispliner Bidang Filsafat, Budaya, Sosial, Semiotika, Sastra, Hukum, dan Seni. Yogyakarta: Paradigma.

Sudarsana, I. K. (2016). PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING: POLICIES, PRACTICES, AND PROGRAMS (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, (2016), 44-53.

Sudarsana, I. K. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Penjaminan Mutu, (Volume 1 Nomor 1 Pebruari 2015), 1-14.

Sudarsana, I. K. (2017). Interpretation Meaning of Ngaben for Krama Dadia Arya Kubontubuh Tirtha Sari Ulakan Village Karangasem District (Hindu Religious Education Perspective). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 1-13.

Swastika, I Ketut Pasek. 2008. Bhuta Yajna. Denpasar : Pustaka Bali Post.

Triguna, I B. Gede Yudha,dkk, 2000. Teori Tentang Simbol. Denpasar : Widya Dharma.

Wiana. 2009. Suksmaning Banten. Surabaya: Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu site and its metadata are licensed under CC BY-SA

web
counter