PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MELAKSANAKAN TRI SANDYA PADA ANAK DI TK. HINDU CANANG SARI TEGALCANGKRIG KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA

I Gusti Ayu Putu Deby Rika Fero Nika

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar Siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Salah satumasalahdalampendidikanadalahmetodepembelajaran yang digunakanoleh Guru untukmelaksanakan proses pembelajaran pada siswa khususnya untuk anak usia dini/Taman Kanak-kanak.

Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimanakah Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Kendalaapa sajakah yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Upaya apa sajakah yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkan Tri Sandya Pada Anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menjelaskan Penerapan Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.

Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori belajar behavioristik dari Gage danBelinerdan teori Konvergensi oleh John Locke. Informan dijaring dengan teknik Purposive,data dikumpulkan dengan teknik observasinon partisipan, wawancaramendalamdanterstruktur, studi kepustakaan dan dekomentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kulitatif dengan langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan (1) ProsesPembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandyapada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,(2)Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,dan (3) Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.


Full Text:

PDF

References


Darmadi, Yusuf (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Rudi. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka: Bandung

Iqbal, Hasan. 2002. Pokok-pokokMateriMetodelogiPenelitian Dan aflikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Koentjaraningrat. 1997. Kebudayaan Mentalis Dan Pembangunan. Jakarta: GramediaPustaka Utama

Mander, Likh. 2007. MaknaTeoriBelajarBehavioristik. Jakarta: Grafindo

Moleong, Lexy J. 2006. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Moleong, Lexy J. 2000. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Nasution. 2002. Didaktik Asas- Asas Mengajar. Bandung : Jemmars.

Nasution. S 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta ;BumiAksara.

Nasution. 1994. Metode Research. Jakarta: BumiAksara

Ruhadi, Yamin. 2004. Hubungan Teori Behavioristik Dengan Stimulus-Respon Anak. Surabaya: Cipta Karya

Santoso, Heru. 2009. Petunjuk Praktis Denver Developmental Screening Test. EGC: Jakarta

Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Boston, Mc. Graw Hill

Sudarsana, I. K. (2016). PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING: POLICIES, PRACTICES, AND PROGRAMS (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, (2016), 44-53.

Sudarsana, I. K. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Penjaminan Mutu, (Volume 1 Nomor 1 Pebruari 2015), 1-14.

Sudarsana, I. K. (2017). Interpretation Meaning of Ngaben for Krama Dadia Arya Kubontubuh Tirtha Sari Ulakan Village Karangasem District (Hindu Religious Education Perspective). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 1-13.

Suprayoga, dkk. 2001. Metodelogi Penelitian Agama. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Suprayogi, Tabroni (2001). Makna Kepustakaan Penelitian. Surabaya: PustakaNila

Suhardana, Ketut (2005). Makna Tri Sandya Dalam Agama Hindu. Denpasar: Bumi Aksara

Wardhani, Ni Ketut Srie Kusuma. 2010. Metode Penelitian. Denpasar: IHDN Denpasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

web
counter