PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MELAKSANAKAN TRI SANDYA PADA ANAK DI TK. HINDU CANANG SARI TEGALCANGKRIG KECAMATAN MENDOYO KABUPATEN JEMBRANA
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar Siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Salah satumasalahdalampendidikanadalahmetodepembelajaran yang digunakanoleh Guru untukmelaksanakan proses pembelajaran pada siswa khususnya untuk anak usia dini/Taman Kanak-kanak.
Adapun masalah yang akan dibahas antara lain (1) Bagaimanakah Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Kendalaapa sajakah yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Upaya apa sajakah yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkan Tri Sandya Pada Anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk menjelaskan Penerapan Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Melaksanakan Tri Sandya pada anak di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (2) Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana, (3) Untuk mengetahui Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.
Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah adalah: teori belajar behavioristik dari Gage danBelinerdan teori Konvergensi oleh John Locke. Informan dijaring dengan teknik Purposive,data dikumpulkan dengan teknik observasinon partisipan, wawancaramendalamdanterstruktur, studi kepustakaan dan dekomentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kulitatif dengan langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan (1) ProsesPembelajaran Pendidikan Agama Hindu dengan Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Melaksanakan Tri Sandyapada anak di TK. Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,(2)Kendala yang dihadapi Guru dalam mengajarkanTri Sandya Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,dan (3) Upaya yang dilaksanakan oleh Guru dalam mengajarkanTri Sandya Pada Anak Di TK.Hindu Canang Sari, Tegalcangkring Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana.
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, Yusuf (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Rudi. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka: Bandung
Iqbal, Hasan. 2002. Pokok-pokokMateriMetodelogiPenelitian Dan aflikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia
Koentjaraningrat. 1997. Kebudayaan Mentalis Dan Pembangunan. Jakarta: GramediaPustaka Utama
Mander, Likh. 2007. MaknaTeoriBelajarBehavioristik. Jakarta: Grafindo
Moleong, Lexy J. 2006. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Moleong, Lexy J. 2000. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya
Nasution. 2002. Didaktik Asas- Asas Mengajar. Bandung : Jemmars.
Nasution. S 2009. Sosiologi Pendidikan. Jakarta ;BumiAksara.
Nasution. 1994. Metode Research. Jakarta: BumiAksara
Ruhadi, Yamin. 2004. Hubungan Teori Behavioristik Dengan Stimulus-Respon Anak. Surabaya: Cipta Karya
Santoso, Heru. 2009. Petunjuk Praktis Denver Developmental Screening Test. EGC: Jakarta
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Boston, Mc. Graw Hill
Sudarsana, I. K. (2016). PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN DALAM BUKU LIFELONG LEARNING: POLICIES, PRACTICES, AND PROGRAMS (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, (2016), 44-53.
Sudarsana, I. K. (2015). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DALAM UPAYA PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Penjaminan Mutu, (Volume 1 Nomor 1 Pebruari 2015), 1-14.
Sudarsana, I. K. (2017). Interpretation Meaning of Ngaben for Krama Dadia Arya Kubontubuh Tirtha Sari Ulakan Village Karangasem District (Hindu Religious Education Perspective). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 1-13.
Suprayoga, dkk. 2001. Metodelogi Penelitian Agama. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Suprayogi, Tabroni (2001). Makna Kepustakaan Penelitian. Surabaya: PustakaNila
Suhardana, Ketut (2005). Makna Tri Sandya Dalam Agama Hindu. Denpasar: Bumi Aksara
Wardhani, Ni Ketut Srie Kusuma. 2010. Metode Penelitian. Denpasar: IHDN Denpasar
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :
Jurnal Penelitian Agama Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.