REVITALISASI GENDING RARE DALAM MATA PELAJARAN AGAMA HINDU UNTUK MENGANTISIPASI PENYIMPANGAN PERILAKU PADA ANAK (Studi Kasus di Kelas V SDN 5 Batungsel)

I Made Hendra Wijaya

Abstract


Kebudayaan warisan leluhur sangatlah perlu diidentifikasi  dan dipertahankan. Bentuk-bentuk kebudayaan tersebut dalam konteks pelestariannya perlu dicermati secara mendalam. Terkait dengan gending rare sangat erat hubungannya dengan anak-anak serta permainan yang sebagaian besar dilakukan oleh usia anak-anak. Gending rare merupakan salah satu kebudayaan tradisional masyarakat Bali yang masih hidup sampai saat ini, sehingga hasil kebudayaan tersebut perlu dilestarikan agar tidak punah. Gending rare merupakan salah satu sastra tembang yang sifatnya kreatif yang dapat ditembangkan atau dilantunkan serta dapat dikolaborasikan dengan permainan tradisional Bali untuk anak-anak dan dapat dijadikan media pembelajaran yang mampu mengarahkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor anak-anak.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk revitalisasi gending rare dalam mengantisipasi penyimpangan perilaku anak-anak disekolah dapat dilakukan dengan cara mengkolaborasikan dengan permaianan tradisional (2) nilai-nilai karakter yang terdapat dalam gending rare yaitu, nilai karakter disiplin, religius, mandiri, jujur dan cinta damai. (3) kendala-kendala dalam penerapan gending rare di sekolah adalah kemampuan guru, minat siswa dan alokasi waktu.


Full Text:

PDF

References


Bagianti, Ni Nyoman Sri Darma. 2013. Struktur Dan Fungsi Gending-Gending Rare Bali Produksi Bali Post. Denpasar : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Darsana, I Wayan. 2013. Peranan Sekar Rare Dalam Membentuk Karakter Anak Hindu Usia Dini Di Desa Landih Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Denpasar : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Gautama, Wayan Budha. 2007. Penuntun Pelajaran Gending Bali. Denpasar : CV Kayumas Agung.

Lestari, NI Nengah Ayu. 2015. Sekar Rare Sane Kaanggen Ri Tatkala Maplalian Alit-Alit Ring Desa Culik Kecamatan Abang Kabupatrn Karangasem Pamastika Kawigunan Miwah Pendidikan Karakter. Denpasar : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Parnasih, I Nengah. 2009. Belajar Memahami Geguritan Bagi Anak-Anak SD Di Sd 2 Kukuh Kerambitan Tabanan (Persefektif Pendidikan Agama Hindu). Denpasar : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Sudarsana, I. K. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN UPAKARA BERBASIS NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN: Studi pada Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Peguyangan Kota Denpasar.

Sudarsana, I. K. PERAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI. STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI BERKUALITAS.

Sugiartha, I Gede Arya. 1998 (Dalam Mudra Jurnal Seni Budaya). Denpasar : Sekolah Seni Indonesia Denpasar

Sulandera, I Wayan. 2009. Peranan Dharmagita Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Etika Siswa SDN 2 Manukaya Tampaksiring Gianyar. Denpasar : Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

web
counter