UPACARA NGEREBEG DI PURA DUUR BINGIN DESA TEGALLALANG, KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR (Perspektif Pendidikan Agama Hindu)

Ni Putu Ayuk Denyka Mayrina

Abstract


Pelaksanaan upacara Agama Hindu di Bali berlandaskan pada Tattwa (filsafat), Susila (etika) dan Upacara. Upacara ngerebeg merupakan salah satu upacara dari sekian banyak upacara yang dilaksanakan di Bali. Upacara Ngerebeg dilakukan di Pura Duur Bingin Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka disusun rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimanakah Mitologi Upacara Ngerebeg di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar? (2) Bagaimanakah Implikasi Upacara Ngerebeg di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar? (3) Nilai Pendidikan Agama Hindu apa sajakah yang terdapat pada Upacara Ngerebeg di Pura Duur Bingin, Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar?. Dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui mitologi Upacara Ngerebeg (2) mengetahui implikasi dari Upacara Ngerebeg (3) mengetahui nilai- nilai pendidikan Agama Hindu yang terkandung dalam Upacara Ngerebeg.

 Penelitian ini menggunakan beberapa teori untuk mengkaji permasalahan tersebut di atas. Teori yang diperguanakan adalah teori Religi, teori Fungsional Struktural, teori Nilai dan teori Behaviorisme. Dalam penelitian ini yang dijadikan subjek adalah Pemangku dan tokoh masyarakat di Desa Tegallalang dan objek dari penelitian ini adalah Upacara Ngerebeg. Untuk memperoleh data, digunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu metode Observasi, Wawancara, Kepustakaan dan Dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis deskrifsi dengan langkah-langkah penyajian data dan penarikan simpulan.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian : Mitologi Upacara Ngerebeg  yaitu berawal pertama kalinya dibangun Pura Duur Bingin yang di bangun oleh Tjokorda Made pada saat perang dengan kerajaan Dalem Sukawati. Yang diempon oleh 11 KK pada saat itu sedang ada upacara di Pura Duur Bingin dan warga desa nunas ica kepada wong samar untuk dibantu pekerjaannya hingga sekarang di adakanlah Upacara Ngerebeg tersebut untuk menghormati wong samar.sehingga yang mengikuti upacara Ngerebeg menghiasi tubuhnya menyerupai dengan wong samar. Implikasi dari Upacara Ngerebeg yaitu adanya implikasi upacara Ngerebeg bagi masyarakat Desa Tegallalang, Implikasi Upacara Ngerebeg bagi Lingkungan Desa Tegallalang. Nilai- nilai yang terkandung dalam Upacara Ngerebeg adalah nilai pendidikan tattwa, nilai pendidikan susila, nilai pendidikan upacara.


Full Text:

PDF

References


Desi. 2015. Upacara Ngerebeg di Pura Puseh Desa Adat Jempeng kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung Perspektif Teologi Hindu. Denpasar : IHDN

Emzir. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. PT Raja Gapindo Persada

Hartaka. 2011. Studi Deskripsi Upacara Ngrebeg di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Denpasar : IHDN.

Hasan, Iqbal 2010. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara : Jakarta.

Margono. Drs. S 2004. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif baru I. A-Ruzz. Media : Jogyakarta

Radam, Noerid Haloel. 2001. Religi Orang Bukit Suatu Lukisan Struktur dan Fungsi dalam Kehidupan Sosial-Ekonomi. Yogyakarta : Semesta.

Ridwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sadiartana. 2010. Upacara Megebeng-gebengan di Desa Pakraman Dharmajati Tukadmungga

Sudarsana, I. K. (2017). Interpretation Meaning of Ngaben for Krama Dadia Arya Kubontubuh Tirtha Sari Ulakan Village Karangasem District (Hindu Religious Education Perspective). Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 1-13.

Sudarsana, I. K. (2016, October). Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Hindu Melalui Efektivitas Pola Interaksi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. In SEMINAR NASIONAL AGAMA DAN BUDAYA (SEMAYA II) (No. ISBN : 978-602-71567-6-0, pp. 132-140). Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar bekerjasama dengan Jayapangus Press.

Sumartini, I Wayan. 2014. Eksistensi Upacara Ngerebeg di desa Adat Tegal Darmasaba Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung (Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Denpasar : IHDN

Sunari, Ni Putu. 2016. Upacara Ngerebeg di Pura Luhur Giri Kusuma Desa Blahkiuh Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung (Perspektif Pendidikan Agama Hindu). Denpasar : IHDN.

Suprayoga dan Tabroni. 2001. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suratdityawan. 2014. Tradisi Ngrebeg Sasih Pada Tilem Sasih Kalima Di Desa Pakraman Peliatan Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Denpasar : IHDN

Wiguna, I Made Arsa. 2014. Nilai Etika dan Moralitas dalam Canakya NitiSastra serta Kontribusinya dalam Pendidikan Karakter. Penelitian (tidakditerbitkan). IHDN Denpasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

web
counter