PENDEKATAN PEMBELAJARAN KLASIKAL YANG DITERAPKAN DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI 1 TABANAN KECAMATAN TABANAN KABUPATEN TABANAN

Wayan Suprapta

Abstract


Pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran berperan penting sebagai ujung tombak keberhasilan pembelajaran. Dengan ketunaan anak didik dari segi pendengaran dan berkomunikasi menyebabkan proses pembelajaran dikelas berjalan hanya searah atau tidak adanya hubungan timbal balik antara anak didik dan guru sehingga penting seorang guru melakukan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan latar belakang siswa karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pendekatan Pembelajaran Klasikal yang di terapkan dalam Mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 1 Tabanan Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.

Hasil penelitian menunjukkan (1) Pendekatan pembelajaran klasikal yang di terapkan di SLB Negeri 1 Tabanan adalah (a). Pembelajaran dengan pembiasaan, seperti pembiasaan sembahyang sebelum dan sesudah pembelajaran, dan pembiasaan sopan santun. (b). Pembelajaran dengan media gambar serta (c). Pembelajaran dengan berbagai macam metode pembelajaran. (2) Hambatan-hambatan dalam pembelajaran pendidikan agama hindu di SLB Negeri 1 Tabanan yakni (a). Faktor Siswa, kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran dan adanya keterbatasan dalam berkomunikasi. (b). Faktor guru,  kurangnya media dalam pembelajaran dan belum terampilnya guru dalam penguasaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. (c). Faktor sekolah, terbatasnya buku-buku penunjang agama Hindu dan kurangnya tenaga guru berpendidikan khusus. (3) Upaya-upaya yang di lakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan pembelajaran pendidikan agama hindu di SLB Negeri 1 Tabanan yaitu(a). Melakukan pembelajaran dengan keterlibatan/pengalaman langsung (b). Pemberian keteladanan (c). Memberikan perhatian kepada anak didik dan (d). Penyediaan sarana dan prasarana sekolah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Seks Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Gava Media

Cholid, Narbuko dan Abu Achmadi. 2002. Metode Penelitian. Jakarta :Bumi Aksara.

Dimiyati dan Mudjiono, 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah dan Zain, 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hasan, Iqbal. 2002. Metodologi Penelitian dan aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Keramas, Dewa Made Tantra. 2008. Filsafat Ilmu. Surabaya : Paramita.

Sudarsana, I. K. (2016, October). The Importance Of Morals Teaching In Shaping The Students’ Characters In School. In Dharma Acarya Faculty International Seminar (DAFIS) (No. ISBN : 978-602-71567-5-3, pp. 367-376). Dharma Acarya Faculty Hindu Dharma State Institute (IHDN) Denpasar in Association with Jayapangus Press.

Sudarsana, I. K. (2016, June). Praksis Teori Sosial Kognitif dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Agama. In Seminar Nasional (No. ISBN : 978-602-74659-3-0, pp. 82-87). Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & S. Bandung : Alfabeta.

Suharso, Renoningsih. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Nur Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Penelitian Agama Hindu Indexed By :

 

 

Jurnal Penelitian Agama Hindu site and its metadata are licensed under CC BY-SA

web
counter