PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBANGUN MENTALITAS DISIPLIN ANAK DIDIK

I Nyoman Temon Temon Astawa, Ni Wayan Sukerti

Sari


Implementasi pendidikan karakter, diantaranya; Penerapan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pendekatan kontekstual. Pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar dilakukan melalui kegiatan pengembangan diri, yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan, pengkondisian. Menggiatkan kegiatan cokurikuler dan ekstra kurikuler yang merupakan aktifitas di luar kegiatan pembelajaran. Mengintensifkan kegiatan positif di lingkungan keluarga dan masyarakat, disamping juga di lingkungan sekolah.


Kata Kunci


Pendidikan Karakter, Mentalitas Disiplin.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Amin. 1995. Etika (Ilmu Akhlak). Terj. oleh Farid Ma’ruf. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. VIII.

Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.

Depdiknas, 2003, Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Koesoma. 2007. Pendidikan Karakter pada Sekolah. Jakarta: Kencana.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Ryan, Kevin dan Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: JOSSEY-BASS A Wiley Imprint.

Wina, Sanjaya. 2008. Teori dan Perkembangan anak. Jakarta: Gramedia Citra.




DOI: https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2777

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Jurnal Pendidikan Agama berada dibawah lisensi CC BY-SA

View My Stats