LOCUS EDUCATIONIS SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENUJU PESERTA DIDIK YANG BERBUDI

I Nyoman Sueca

Sari


Sekolah dapat menjadi wahana pendidikan karakter yang andal dan efektif bagi pembentukan idividu. Sekolah dapat memanfaatkan locos educationis di dalam lembaga pendidikan sebagai  praksis pendidikan karakter. Sejak dahulu sekolah memiliki dua tujuan utama dalam karya pendidikan mereka, yaitu membentuk  manusia yang cerdas, dan berbudi luhur. Mundurnya pendidikan karakter, kita wajib bertanya kembali pada diri sendiri dan pada orang lain terkait relevansinya pendidian karakter dalam sekolah. Kalau masih relevan, bagaimana kita sekarang mau menghidupkan kembali, dan melalui momen-momen pendidikan (locus educationis) mana, kita dapat memberikan pendidikan karakter itu di dalam diri peserta didik. Hancurnya nilai-nilai moral dalam masyarakat yang ditandai dengan merebaknya kekerasan seperti; pemerkosaan gadis dibawah umur, pembunuhan, narkoba dan lain-lainnya, fenomena inilah membutuhkan kelahiran baru pendidikan karakter di dalam sekolah. Momen-momen dalam lingkungan sekolah yang dapat dipakai sebagai sebuah sarana atau kesempatan dalam mengembangkan pendidikan karakter, telah melibatkan jaringan relasional antara staf sekolah dengan orang tua dan masyarakat.

Kata Kunci: Sekolah sebagai wahana penguatan pendidikan karakter.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian.1980. Politik, Kebudayaan dan Manusia Indonesia. Jakarta: LP3S

Annette. Jhon.2005. “Character, Civic Renewel and Service Learning for

Democratic Citizenship in Higner Education”.dalam Britis Journal of Educational Studens, Vol.53, No3 (September 2005) 326-340.

Drost, j.1999. Proses pembelajaran sebagai pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Fiske, Edward B. 1998. Desentralisasi Pengajaran politik dan Konsensus. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koesoema, A, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak. Jakarta: Grasindo.

Kaswardi. EM,K.1993. Pendidikan Nilai Memasuki tahun 2000. Katapengantar oleh A. Sewaka SJ. Jakarta: Komisi Pendidikan KWI/MNPK dan PT. Grasindo.

Sjarkawi, M.Pd. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak. Peran Moral, Intlektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: PTBumi Aksara.

Tilaar, H.A.R.2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan, Pengantar Pedagogik Transformativ untuk Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo.

, 2002. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/gw.v4i1.383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]