KITAB SUCI VEDA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
Sari
Orientasi pendidikan nasional yang cenderung melupakan pengembangan dimensi nilai, telah merugikan peserta didik secara individual maupun kolektif. Tendensi yang muncul adalah, peserta didik akan mengetahui banyak tentang sesuatu, namun ia menjadi kurang memiliki sistem nilai, sikap, minat maupun apresiasi secara positif terhadap apa yang diketahui. Anak akan mengalami perkembangan intelektual tidak seimbang dengan kematangan kepribadian sehingga melahirkan sosok spesialis yang kurang peduli dengan lingkungan sekitarnya dan rentan mengalami distorsi nilai, sebagai dampaknya, peserta didik akan mudah tergelincir dalam praktik pelanggaran moral karena sistem nilai yang seharusnya menjadi standar dan patokan berperilaku sehari-hari belum begitu kokoh. Bercermin pada keterbatasan upaya lembaga pendidikan dalam membekali nilai-nilai moral peserta didik selama ini telah mengilhami munculnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Berten, K., 1997, Seri Filsafat Atmajaya, Kanisius, Yogyakarta.
Dutt, M.N., 1988. Mahabarata, Translated in to English From Original Sanskrit Text, Vol. 2, Parimal Publications, Delhi.
Dvivedi, K.D., 1990. The Essennce of the Vedas, Vishva Bharati Researsh Institut, Gyanpur, Varanasi.
Gambirananda, Svami, 1984. Bhagavadgita With Commentary of Sankaracharya, Advaita Ashram, Mayavati, Himalaya.
Kiriana, I. N. (2018). INOVASI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AGAMA HINDU YANG KONTEKSTUAL. Jurnal Penjamin Mutu
Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, 1990. Pedoman Pembinaan Umat Hindu Indonesia, Upadasastra, Denpasar.
Pendit, Nyoman, S.,1987. Bhagavadgita, Yayasan Wisma Karma, Jakarta.
Poerbatjaraka, RMNg., 1976. Nitisastra, Kakawin, Pemda Tingkat I Bali, Denpasar.
Pudja, G., 1984. Sarasamuscaya, Mayasari, Jakarta.
Pudja, G., Tjok Rai Sudharta, 1975. Manawadharmasastra, PT. Junas Co, Jakarta.
Radhakrishnan, S., 1990. The Principal of the Upanisad, Oxford University Press, Bombay.
Radhakrishnan, S., 1970. A Souce Book in india Philosophy, Princeton University Press, New Jersey.
Rajbali Pandey, 1991. Hindu Samskara, Motilal Banarsidass, new Delhi.
Sueca, I Nyoman. 2017. Revitalisasi Pendidikan Agama Hindu Dalam Menciptakan Budaya Religius Bagi Generasi Hindu 2017. Jurnal Penjamin Mutu.
Satyakam Vidyalankar Pdt., 1993. The Holy Vedas, Clarion Book, Delhi.
Sivananda, Svami, 1988. Narada Bhakti Sutra, A Divine Life Society Publications, Sivanandanagar, Garhwal, Himalaya.
Sudarshana, Devi Singhal, 1957. Vrhaspati Tattwa, An Old Javanennse Philosophical Text, International Academy of Indian Culture, New Delhi.
Titib, I Made 1996. Veda, Sabda Suci, Pedoman Praktis Kehidupan, Paramita Surabaya.
Vettam Mani, 1989. Puranic Encyclopedia, Motilal Banarsidass, Delhi.
Visnu Purana, Text in Sanskrit, Gita Press, Gorakpur.
Tim Penyusun Kamus, 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Tim Penyusun Kamus, 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Titib, I. M., & Sapariani., N. K. (2006). Keutamaan Manusia dan Pendidikan Budi Pekerti
DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2126
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Guna Widya terindex
]