TANTANGAN FILOSOFIS PENDIDIKAN (MEMAHAMI ANCAMAN LINIERITAS PENDIDIKAN MODERN)
Sari
Pendidikan adalah rencana konstruktif dalam membangun manusia sebagai suatu keutuhan, pendidikan diyakini sebagai bagian penting untuk membangun Negara. Pendidikan menjadikan manusia sebagai subjek sekaligus objek, sebagai objek pendidikan manusia direkayasa secara kultural, diberikan pemahaman dan pengetahuan. Manusia membebaskan dirinya dari kegelapan berfikir menuju kecerahan budhi. Pendidikan juga sepenuhnya membebaskan tidak hanya untuk bekal keahlian, namun bekal kebebasan untuk menjadi manusia yang memiliki pemahaman yang baik dan luas tentang dunianya dan dunia disekitarnya.
Kata Kunci: Pendidikan, Manusia, Pembebasan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astawa, I Nyoman Temon. 2017. Memahami peran masyarakat dan pemerintah dalam kemajuan mutu pendidikan di indonesia. Jurnal Penjamin Mutu, III (2), hlm. 197-205.
Freire, Paulo. 2008. Politik Pendidikan, Kebudayaa, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Freire, Paulo. 2015. Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan. dalam “Menggugat Pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fromm, Erich. 2010. Akar Kekerasan, Analisis sosio-Psikologis atas Watak Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, Idi Subhandy. 2012. Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra
Illich, Ivan. 2015. Deschooling Society. dalam “Menggugat Pendidikan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Islam, Saiful. 2017. Karakteristik pendidikan karakter: menjawab tantangan dimensional melalui implementasi kurikulum 2013. Edureligia, I (1), hlm. 89-101.
Knight, George, R. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: GAMA Media.
Kristiawan, Muhammad. 2016. Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Valia Pustaka.
Pilliang, Yasraf Amir. 2012. Dunia yang Dilipat: Tamsya Melampaui Batas-Batas Kebudayaan. Yogyakarta: Matahari.
Rahardjo. 2010. Peradaban Jawa Kuno. Yogyakarta: Komunitas Bambu.
Samho, Bartolomeus. 2008. Humanisme Yunani Klasik dan Abad Pertengahan. dalam Humanisme dan Humaniora (ed: Bambang Sugiharto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suda, I Ketut. 2011. Merkantilisme dalam Bidang Pendidikan. Surabaya: Paramitha.
Sukmadinata, N. S. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sultoni, Achmad. 2012. Pendidikan karakter dan kemajuan negara: studi perbandingan lintas negara. Joies, I (1), hlm. 184-207.
Tarpia, Laurentinus. 2008. Humanisme dan Reformulasi Pendidikan. dalam Humanisme dan Humaniora (ed: Bambang Sugiharto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2124
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Guna Widya terindex
]