NILAI – NILAI DAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA HINDU MENURUT CANAKYA NITI SASTRA

ketut puspita sari

Sari


Pendidikan agama dapat menggerakan serta mempraktikan ajaran – ajaran agama hindu sehingga membentuk nilai moral dan etika yang mulia dalam kitab suci , pada bagian Canakya Niti Sastra meyatakan pendidikan multikultural terkait dengan hubungan antar sesama manusia ( Tri Hita Karana) . Di dalam kitab Canakya Nitisastra ini  sepenuhnya memuat atau mengajarkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pendidikan Agama Hindu dengan wujud kebudayaan dan unsur kebudayaan . di dalam Kitab Suci Canakya Nitisastra ini mengajarkan kebahagiaan, pengendalian nafsu, amarah, lobha, kebijaksanaan, tidak iri hati, mengendalikan pikiran , menjalankan darma , kedamaian dan  lainnya yang menuntun pada jalan kebenaran, keharmonisan . Pesatnya perkembangan teknologi digital dan ilmu pengetahuan dewasa ini telah mempengaruhi karakter , nilai moral pada anak –anak yang sejatinya dihadapkan pada tantangan yang berat . Mengajar anak –anak harus diarahkan untuk memperkuat dan menyelaraskan moral mereka . Pendidikan Hindu dapat menjadi agen normative yang membangun setiap karakter Indonesia modern melalui kearifan lokal yang dimilikinya yang mengartikan mereka sebagai memotivasi anak – anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainul Yaqin, Pendidikan Multikultural: Cros Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan , Yogyakarta: Pilar Media 2005

Sukardana, Etika dan Moralitas Hindu: Surabaya: Paramita 2006

Ngurah Made, Samhita Vacana Agama Hindu; Surabaya: Paramita 2011

Nasution, Sosiologi Pendidikan ; Jakarta: Bumi Aksara 2016

Mularsih Heni, Belajar dan Mengajar: Depok: Rajawali Pres 2017




DOI: https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.1870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Guna Widya terindex

     

]