MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS III SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019 SD NEGERI 22 DAUH PURI

I Gst Ayu Nyoman Alit

Sari


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Dauh Puri di Kelas III yang prestasi belajar pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan  masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Direct Instruction dengan metode Demonstrasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.             Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif.          Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode demonstrasi  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh 63,43 pada pada awalnya  setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 68,14  dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,09. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode demonstrasi   dapat meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmani olah raga dan kesehatan siswa kelas III semester I Tahun Pelajaran 2018/2019  SD Negeri 22 Dauh Puri.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Direct Instruction, Metode Demonstrasi, Prestasi Belajar, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnyana, Ida Bagus Putu. 2006. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. IKIP Negeri Singaraja, No. 3 TH. XXXIX Juli 2006.

Aisyah, Siti, dkk. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Kardi S. dan Nur, 2000. Pengajaran Langsung. Penerbit: Unesa-University Press. Surabaya.

Kholil, Anwar. 2009. Model Pengajaran Langsung. Tersedia online http://anwarholil.blogspot.com/2009/01/model-pengajaran-langsung.html

Pradnyana, I. G. A. P. W., & Sudarsana, I. K. (2019). Aspirasi Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Hindu Di Desa Batuaji Kecamatan Kerambitan Tabanan. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 241-252.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.

Yamin, Martinis dan Maisah, 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi Meningkatkan

PF, K. A. P. D. (2017). The Empowerment Of Role Of The Family In Developing Character Of Environmental Awareness In Elementary School-Age Children. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 1(1), 77-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


      

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312