PENERAPAN PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SEMESTER I DI SD NEGERI 4 PERTIMA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

I Gusti Ayu Juniantari

Sari


      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas I Semester I SD Negeri 4 Pertima Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui implementasi model pembelajaran Make a Match. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan  pada siswa kelas I SD Negeri 4 Pertima Tahun Pelajaran 2017/2018 pada semester ganjil yang berjumlah 18 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match. Obyek  penelitian berupa minat dan hasil belajar siswa. Untuk mengukur minat belajar siswa digunakan pedoman obsevasi. Untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran make a match sebagai alternatif menciptakan pembelajaran menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas I SD Negeri 4 Pertima Tahun Pembelajaran 2017/2018. Rata-rata minat belajar siswa siswa meningkat dari 68,49 pada siklus I dengan kategori sedang menjadi 79,13 pada siklus II dengan kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 15,5%. 2) Penerapan model pembelajaran make a match sebagai alternatif menciptakan pembelajaran menyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri 4 Pertima Tahun Pemblajaran 2017/2018. Rata-rata hasil belajar Matematika siswa 69,4 dengan ketuntaan klasikal 78%, pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 88,9 dengan ketuntasan klasikal 100%, hal ini mengindikasikan terjadi peningkatan hasil belajar Matematika sebesar 28%.

       Hasil belajar dalam pembelajaran akan lebih baik apabila sebelum melakukan proses belajar mempersiapkan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dengan matang dan terencana terlebih dahulu agar mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dalam melakukan proses pembelajaran yang dilakukan, sesederhana apapun hendaknya guru dalam mengajar mengupayakan menggunakan media pembelajaran, guna menarik perhatian siswa dalam belajar. Gunakan media pembelajaran melalui model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika seperti di SD negeri 4 Pertima yang ada di Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem Bali.


Kata Kunci


Model Pembelajaran Make a Match, Minat Belajar, Hasil Prestasi Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arnyana, I.B.P.2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang.

Crow, L.D & Alice Crow. 1989, Psycology Pendidikan. Terjemahan Abd. Rachman Abror. Educational Psycology. Hyogyakarta: Nur Cahaya.

Dimyati. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ernis, Agustina. 2011. Penerapan Model Kooperatif Make a Match untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Siswa Kelas III di SDN Tanjungrejo 5 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan, Jakarta : Erlangga.

Istoqomah, Sya 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V Semester II SD Negeri 16 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Salatiga: FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Lasmawan, I W. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. (PTK). Singaraja: IKIP Singaraja.

Lorna Curran. 1994. Metode Pembelajaran Make a Match. Jakarta: Pustaka Belajar.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.926

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312