PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN KONSEP “TRIHITAKARANA” TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III SD DWIJENDRA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA

I Made Astra Winaya

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tematik berbantu media interaktif berkonsep Trihita Karana terhadap pemahaman konsep IPA ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas III SD Dwijendra Denpasar. Sampel yang digunakan berjumlah 54 orang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Data pemahaman konsep dan pengetahuan awal siswa dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tematik berbantu media interaktif berkonsep Trihita Karana berdampak lebih baik terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa.


Kata Kunci


Pembelajaran Tematik, Trihita Karana, Pemahaman Konsep IPA, Pengetahuan Awal

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Capobianco, B. M., & Tyrie, N. (2009). Problem solving using design. Science and Children, 47 (2), 38-41.

Holme, T. A., Luxford, C. J & Brandriet, A. (2015). Defining conceptual understanding in general chemistry. Journal of Chemical Education, 92 (9), 1477–1483.

Jackson, K, M & Martin, S, M, W. (2014). Effect of problem solving strategy on secondary school students achievement in circle geometry in emuhaya district of vihiga county. Journal of Education, Arts and Humanities, 2 (2), 18-26.

James, A. O. (2012). Relationship between senior secondary schools students’ achievement in mathematical problem– solving and intellectual abilities tests. European Scientific Journal, 8 (15), 169179.

Kemendikbud. 2018. Ujian Nasinal Bebbasis Komputer. Alamat web: https://unbk.kemendikbud.go.id/tentang, di unduh 6 Maret 2019

Karli, Hilda. 2015.“Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia”. E-jurnal EduHumaniora vol 2 no 1 Tahun 2015. E-ISSN 2579-5457. Diunduh Tanggal 03 Agustus 2018.

Lasmawan.2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Persepektif Kontekstual Empirik.Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Natajaya, I Nyoman dan Nyoman Dantes.2015. “Perancangan Model Transpormasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Ganesha. Vol.4 No.1 ISSN: 2303-288X. Singaraja: Undiksha Press.

Sadiqin, Ikhwan Khairu. 2017. “Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (1), 2017, 52-62

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukerti, N. 2015. ” Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara”. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha 2015. Diunduh Tanggal 12 Maret 2019

Wasis. (2015). Hasil pembelajaran sains di indonesia: problem & upaya mengatasinya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Unesa, tanggal 24 Januari 2015. Surabaya: Pascasarjana Unesa.

Winaya, I Made Astra. 2013. “Pengaruh Model ARCS Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD CHIS Denpasar”. E-jurnal Pascasarjana Undiksha vol.3 Tahun 2013. Diunduh Tanggal 19 Juni 2015.

Winaya, I Made Astra. 2016. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Maret 2016.

Winaya, I Made Astra. 2017. “Efektifitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter pada Peserta Pasraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pakraman Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2017.

Winaya, I Made Astra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312