PERMAINAN TRADISIONAL BALI JURU PENCAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMBENTUKAN KARAKTER

Putu Sabda Jayendra

Sari


Permainan tradisional Bali Juru Pencar merupakan permainan yang dilakukan anak-anak dengan jumlah paling sedikit 10 orang. Dalam pemainan ini, anak-anak tersebut dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok yang berperan sebagai pencar (jala) dan kelompok yang berperan sebagai be (ikan), dan sebelum memainkannya semua anak menyanyikan lagu Bali Juru Pencar secara bersama-sama. Permainan ini merupakan hasil budaya masyarakat Bali yang berperan sebagai media pembelajaran bagi anak-anak yang sedang berada pada masa tumbuh kembang (masa bermain). Implikasinya dari permainan ini adalah membentuk karakter anak, baik sebagai individu yang cerdas, pembentukan jiwa sosial yang berwawasan integratif, dan berperan membentuk individu yang cakap dan berwawasan budaya.


Kata Kunci


permainan tradisional, juru pencar, pembentukan karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atkinson, Rita L dan Richard C. Atkinson. 2011. Pengantar Psikologi Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Azhar, Arsyad. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chamidah, Atien Nur.2009. Pentingnya Stimulasi Dini Bagi Tumbuh Kembang Otak Anak. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/atien-nur-chamidah-dr/pentingnya-stimulasi-dini-bagi-tumbuh-kembang-otak-anak.pdf (diakses 8 Pebruari 2018).

Erman. 2008. “Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa”, dalam Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare, Volume 5, No. 2, Pebruari 2008, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana Bandung, http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/download/62/62. (diakses 8 Pebruari 2018).

Indriati, Noor. 2010. “Ke Arah Nilai Pendidikan Yang Efektif, Evaluasi, dan Memperkuat Dimensi Pendidikan Nilai”, dalam Jurnal Dinamika Ilmu, Volume 10 No 2, Desember 2010 samarinda.ac.id/ojs/index.php/dinamika_ilmu/article/view/40 (diakses 14 Juni 2017).

Irham, M. & Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Kwartolo, Yuli. 2012. “Multiple Intelligences dan Implementasinya dalam Taksonomi Bloom”, dalam Jurnal Pendidikan Penabur, Volume 11, No. 18, Juni 2012, Badan Pendidikan Kristen Penabur http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No18-Thn11-Juni2012.pdf (diakses 12 Juni 2017).

Lestawi, I Nengah. 2014. “Fungsi Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Kehidupan Beragama Bagi Umat Hindu Di Bali” dalam Prosiding Seminar Nasional Filsafat, Agama, dan Tattwa dalam Bingkai Kehidupan Umat Beragama Hindu, tanggal 27-28 Oktober 2014, Fakultas Brahma Widya IHDN Denpasar.

Matthew H, Olson & Hergnhahn B.R. 2009. Theoris Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana.

Montolulu, dkk. 2005. Bermain dan Permainan Anak Edisi I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuraeni, Leni Risna. 2014. “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Pada Masyarakat Sunda” dalam Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Budaya dalam Membentuk Karakter Bangsa, 30 September, Program Pascasarjana IHDN Denpasar.

Rivai, Veithal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Rohman, Arif. 2013. Memahami Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sa’diyah, Durotus Iis. 2016. “Solidaritas Sosial Masyarakat Kuningan di Yogyakarta (Studi Kasus Komunitas Paguyuban Pengusaha Warga Kuningan”. Skripsi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sujiono. 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taro, I Made. 2000. Bernyanyi Sambil Bermain. Denpasar: Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Widja, I Gde. 2009. Pendidikan Sebagai Ideologi Budaya, Suatu Pengantar ke Arah Pendidikan Kritis. Denpasar: Kerjasama Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Kajian Budaya Universitas Udayana dengan Sari Kahyangan Indonesia.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi.

Yudhawati, Ratna dan Dany Haryanto. 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.906

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


     

 

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312