PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SD NEGERI 2 PEGUYANGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Sari
Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian tindakan kelas adalah untuk menjelaskan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Peningkatan tersebut akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut.Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Penelitian ini mengambil objek pada kelas VI semester II SD Negeri 2 Peguyangan tahun pelajaran 2016/2017.Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 64,98 dengan ketuntasan belajar 25,00% pada siklus I naik menjadi 67,87 dengan ketuntasan belajar 45,0%. siklus II naik menjadi 74,10 dengan ketuntasan belajar 92,50% Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester II SD Negeri 2 Peguyangan tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bhakti, Ahmad Haris. 2009. Tesis. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Division ) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri Di Kecamatan Ngawi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Degeng, I N.S. 2001.Landasan dan Wawasan Kependidikan. Malang: Lembaga Pengembangan dan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.
Muzakki. 2012. Thesis. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Menggunakan Peralatan Kantor Anak kelas X SMK N 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/8915/
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Peter Salim, 1995. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Balai Pustaka
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Diadakan oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Penerbit: CV Wacana Prima. Bandung
Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Penelitian hasil belajar mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.