PELAKSANAAN SUPERVISI KOLABOTARIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR

Ni Made Sumantri

Sari


Penelitian Tindakan Sekolah ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara.  Penelitian ini dilaksanakan karena melihat prestasi siswa Kelas IV SD Negeri 2 Peguyangan dalam mata pelajaran IPA  sampai tahun pelajaran 2017/2018 masih belum baik walaupun ditetapkan standar kelulusan dengan nilai minimal 4,01, terbukti masih banyak siswa yang belum lulus sehingga diadakan ujian ulangan. Hasil supervisi guru SD Negeri 2 Peguyangan tanggal 1 Agustus 2018 masih ditemukan adanya guru yang belum maksimal dan masih dilihat lemahnya kualitas pengajaran guru. Bertitik tolak dan hasil-hasil penelitian yang menggambarkan kondisi di SD Negeri 2 Peguyangan, yaitu dimana masih lemahnya kualitas pengajaran guru, kualitas supervisi pengajaran kepala sekolah, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas juga tampak bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kualitas supervisi pengajaran kepala sekolah dan kualitas pengajaran guru. Untuk itu perlu kiranya dikaji tentang “Model Pendekatan Supervisi untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-guru pada SD Negeri 2  Peguyangan Tahun Pelajaran 2018/2019”. Kualitas pengajaran guru dalam penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru dalam menggunakan model kooperatif tipe STAD pada kurikulum2013.  Pada siklus I terdapat 1 orang guru yang masih mendapatkan nilai rendah sehingga pada secara kuantitatif dan kualitatif setelah kedua siklus dilaksanakan maka 1 orang guru Kelas IV SD Negeri 2 Peguyangan Berhasil (100%) meningkatkan kualitas mengajar dengan peningkatan 50%.


Kata Kunci


Supervisi, Pegajaran, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adams, H. P. dan Dicky, F.G. 1959. Basic Principles of Supervision. New York: American Book Company.

Glickman, Carl. D. 1980. Develovment Supervision (Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instruction). Virginia: ASCD.

Sahertian, Piet. 2000. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservise Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Syaiful Bahri Jamarah dan Aswan Zain.2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Wiles, Kimbal dan John T. Lovell, 1983, Supervisor for Better Schools, Disadur oleh J.F. Tahalele Prof. Malang: Sub Proyek Penulisan Buku Pelajaran Proyek Peningkatan/Pengembangan Perguruan Tinggi IKIP Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i2.1118

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


      

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312