KETERAMPILAN DASAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

I Nyoman Sueca

Sari


Pembelajaran adalah proses interaksi baik antara manusia dengan manusia ataupun antara manusia dengan lingkungan. Proses interaksi ini diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, misalkan yang berhubungan dengan tujuan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor

Tercapainya perkembangan secara kognitif, afektif  dan psikomotor  sangat memerlukan keterampilan dasar sebagai keterampilan standar yang harus dimiliki setiap individu yang berprofesi sebagai guru. Keterampilan itulah yang sepintas dapat membedakan mana guru yang profesional dan mana yang bukan guru. Sama halnya dengan keterampilan seorang dokter dalam menggunakan alat suntik, atau seorang ahli bedah menggunakan pisau bedahnya. Sulit kita mengatakan bahwa ia seorang dokter, kalau ternyata tidak bisa menggunakan alat suntik, atau tidak bisa menulis resep. Keterampilan-keterampilan tersebut adalah keterampilan yang melekat pada profesinya sebagai hasil dari proses pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan tertentu.

Dikaitkan dengan pembelajaran dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi,  keterampilan dasar ini sangat penting untuk dikuasai oleh guru, kalau saat sekarang diberlakukan adalah kurikulum (K 13). Sebab strategi dan model pembelajaran apa pun yang digunakan efektivitasnya sangat ditentukan oleh keterampilan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran. Banyak keterampilan yang harus dimiliki seorang guru agar dalam mengerjakan tugas profesionalnya berhasil secara optimal.

Kata Kunci


Ketrampilan dasar dalam pembelajaran; Pendidikan Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade Irawan dkk.2004. Mendagangkan Sekolah Indonesia, Jakarta: Carruption Watch.

Nasution S. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bina Aksara.

Sanjaya, Wina. 2004. Pengembangan Kurikulum dan Proses Pembelajaran. Bandung: San Grafika.

Sanjaya, Wina.2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Kompetensi. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i2.1116

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


      

 
Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar site and its metadata are licensed under CC BY-SA

 
ISSN CETAK:  25275445
E-ISSN: 26858312